Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tingkatkan Literasi Keuangan Masyarakat

GoTo Financial Dan OJK Hadirkan Kembali Edukasi FinanSiap

Selasa, 18 Oktober 2022 19:24 WIB
GoTo Financial kembali berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hadirkan beragam kelas keuangan untuk masyarakat umum maupun UMKM melalui kelas edukasi A Cup of Moka dan Bincang Biznis di Jakarta, Selasa (18/10). (Foto: Istimewa)
GoTo Financial kembali berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hadirkan beragam kelas keuangan untuk masyarakat umum maupun UMKM melalui kelas edukasi A Cup of Moka dan Bincang Biznis di Jakarta, Selasa (18/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah kondisi ekonomi makro dalam negeri yang kian dinamis, pemahaman yang baik tentang pengelolaan keuangan menjadi kian penting. Bermodalkan literasi keuangan yang baik masyarakat dapat membangun ketahanan finansial dalam menghadapi inflasi. 

GoTo Financial melalui rangkaian program edukasi FinanSiap menyatakan, siap mendukung peningkatan literasi keuangan masyarakat melalui serangkaian pelatihan dan konten di berbagai platform.

“Di tengah lanskap teknologi digital yang terus berkembang, menciptakan transaksi yang aman menjadi tantangan dan sangat penting,” kata Budi Gandasoebrata, Group Head Compliance GoTo Financial, Selasa (18/10). 

Hadir sejak 2021, FinanSiap mendukung misi GoTo Financial dalam membuka akses dan peluang untuk keuangan yang inklusif. Melalui program edukasi yang relevan dan terkini untuk UMKM, dan masyarakat umum.

“Melalui FinanSiap, masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan dengan lebih optimal dan aman,” ujarnya.

Baca juga : Jualan Lewat YouTube Bisa Hasilkan Cuan

Mendukung semangat Bulan Inklusi Keuangan 2022, GoTo Financial kembali berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hadirkan beragam kelas keuangan untuk masyarakat umum maupun UMKM melalui kelas edukasi A Cup of Moka dan Bincang Biznis. 

Sinergi ini, kata Budi, merupakan bentuk keberlanjutan kerjasama GoTo Financial bersama OJK dalam mengakselerasi keuangan inklusif dan digitalisasi masyarakat umum dan UMKM guna mendorong pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Budi bilang, meskipun tingkat inklusi keuangan Indonesia sudah mencapai lebih dari 76 persen, tingkat literasi keuangan masih berada pada 38 persen.

“Oleh karena itu, kali ini FinanSiap menghadirkan kelas edukasi untuk pengaturan keuangan personal dan keluarga, investasi, hingga pengelolaan keuangan untuk UMKM,” bebernya.

Budi berharap, para peserta FinanSiap dapat langsung mengaplikasikan pembelajaran di kehidupan sehari-hari maupun dalam kegiatan usaha para mitra melalui layanan dan fitur yang dimiliki ekosistem GoTo Financial.

Baca juga : Masih Perbaikan Sistem, Pelayanan SIM Jakarta Dialihkan Ke Satpas Daan Mogot

Analis Eksekutif Senior Strategic Committee OJK Sekar Putih Djarot mengapresiasi program edukasi FinanSiap ini. Menurutnya, di tengah iklim situasi ekonomi yang fluktuatif dan maraknya layanan keuangan ilegal, penting bagi masyarakat untuk memiliki literasi keuangan yang baik. 

OJK senantiasa melakukan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam rangka menjawab tantangan peningkatan literasi dan inklusi keuangan.

“Kolaborasi OJK dengan GoTo Financial ini diharapkan dapat meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan demi tercapainya kesejahteraan keuangan yang berkelanjutan,” kata Sekar.

Sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan inklusi keuangan, sebelumnya GoTo Financial telah secara proaktif melakukan berbagai kegiatan edukasi keuangan dengan menggandeng Pemerintah dan regulator, baik pusat maupun daerah. Seperti, publikasi E-Book Literasi Keuangan dengan OJK, Edukasi Literasi Keuangan Bincang Biznis bersama OJK Solo & Pembukaan Kampus UMKM Bersama OJK.

Ligwina Hananto, CEO dan Financial Trainer Lead QM Financial mengutarakan, pengelolaan dan kondisi keuangan yang baik dibutuhkan masyarakat untuk menghadapi kondisi ekonomi dan inflasi ke depan. Terlebih saat ini berbagai platform keuangan digital dapat memudahkan kita dalam mengelola keuangan. 

Baca juga : Silakan, Mengadu Dan Datang Ke Balai Kota

“Dalam kondisi ekonomi apapun, sebenarnya yang akan survive bukan soal siapa kelihatan banyak uang, tapi siapa yang keuangannya sehat dan kuat. Maka dari itu program edukasi finansial seperti FinanSiap ini menjadi kian penting,” ujarnya.

Berbagai solusi GoTo Financial dapat mendorong masyarakat lebih cakap mengelola keuangan. Di antaranya, fitur GoPay Diary dan GoTagihan yang membantu pengaturan pengeluaran dan perencanaan keuangan, serta GoSure dan GoInvestasi yang menawarkan perencanaan keuangan jangka panjang yang aman dan nyaman. 

GoTo Financial juga menyiapkan solusi bagi para pelaku usaha antara lain melalui aplikasi, GoKasir, Selly, GoModal, Midtrans, dan Moka yang memudahkan administrasi bisnis sekaligus membuka akses ke pasar yang lebih luas. Dan masih banyak lagi solusi non-teknologi dari GoTo Financial seperti beragam pelatihan bagi komunitas mitra usaha GoTo Financial yang dapat membantu kebutuhan finansial dan bisnis masyarakat dan dan pelaku usaha. 

Riset LD FEB UI (2021) mengungkap bahwa melalui pelatihan dan komunitas GoTo Financial, 68 persen mitra usaha mendapatkan pengetahuan yang dapat diterapkan pada usaha mereka. Melalui solusi non-teknologi ini GoTo Financial senantiasa mendorong inklusivitas dan literasi keuangan digital. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.