Dark/Light Mode

Dana PUMK Dialirkan Ke Kelompok Usaha Tempe

Rabu, 19 Oktober 2022 23:22 WIB
Pengusaha tempe. (Foto: Ist)
Pengusaha tempe. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) terus disalurkan untuk mereka yang membutuhkan bantuan modal usaha. Kali ini program tersebut menyentuh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pengrajin tempe.

Penyaluran program PUMK dilakukan oleh PT Permodalan Nasional Madani (PNM) bekerja sama dengan PT Aneka Tambang.

Dana tersebut untuk membantu kelompok usaha tempe di Kampung Sawah, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Jakarta.

Baca juga : Kopi Bisa Jadi Teman Jantung

Pimpinan Cabang PNM Jakarta Lienda Diana mengatakan, program pinjaman dana bergulir ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan nilai tambah ekonomi masyarakat khususnya yang berada di sekitar area operasi ANTAM dan PNM.

"Program menyasar masyarakat dengan usaha skala mikro hingga menengah," jelasnya dalam keterangan pers dikutip Rabu (19/10).

PNM kali ini berperan dalam melakukan program pendanaan usaha mikro kecil (PUMK) mulai dari survey, evaluasi calon mitra binaan dan penyaluran kepada lima mitra binaan yang berada di sekitar wilayah Jakarta dan Kalimantan Barat.

Baca juga : Surya Darmadi Siap Buktikan Kesahihan Kepemilikan Tanah

Total nilai penyaluran PUMK sebanyak Rp 350 juta yang mencakup sektor usaha tempe. Program ini merupakan kewajiban setiap perusahaan BUMN untuk mendukung kegiatan usaha mikro, kecil dan menengah.

"Untuk itu PNM bekerjasama dengan ANTAM sebagai bagian dari BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID yang juga berkomitmen memajukan ekonomi masyarakat di semua sector sebagai wujud dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan," ucapnya.

Program usaha mikro kecil ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan nilai tambah ekonomi masyarakat. Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber.

Baca juga : KPK Kesal Ke Enembe

Keduanya yakni, Ni Made Ayu Wina selaku perwakilan dari pihak ANTAM Small Medium Enterprise Partnership Program (SMEPP) Bureau dan M. Hendry Cahya P selaku Manager Supporting PNM Cabang DKI Jakarta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.