Dark/Light Mode

Pentingnya Bisnis Berkelanjutan Bagi Dunia Usaha

Pengusaha Kudu Tangguh Hadapi Tantangan Global

Jumat, 21 Oktober 2022 06:35 WIB
Ilustrasi Pengusaha. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi Pengusaha. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Praktik bisnis berkelanjutan bagi pelaku usaha diyakini dapat membantu perusahaan lebih tangguh. Terutama dalam menghadapi tantangan global di masa depan. Praktik bisnis ini juga dapat membantu perusahaan terus berinovasi dengan menggali peluang baru.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Kamar Dagang dan Indus­tri (Kadin) Indonesia yang juga Host of B20 Arsjad Rasjid saat acara puncak Awarding Ceremony B20 Sustainability 4.0 Awards di Jakarta, Selasa (18/10).

Manfaat lain yang didapat pengusaha dengan mengadopsi bisnis berkelanjutan, lanjut Arsjad, yaitu meningkatkan citra dan reputasi perusahaan. Selain itu, dapat membantu untuk menarik para investor dan membangun loyalitas pelanggan.

Baca juga : Panitia Kudu Kuatkan Koordinasi Dengan Pemkot

“Terlebih, upaya ini baik untuk masyarakat karena ramah ling­kungan,” ucap Arsjad dalam keterangannya, di Jakarta, kemarin.

Arsjad mengatakan, B20 Sus­tainability 4.0 Awards yang diinisiasi Kadin Indonesia dan Kamar Dagang Swiss dan Eropa, dapat menjadi pesan bagi pelaku bisnis lain. Bahwa, pembangunan berkelanjutan penting dan wajib ditanamkan dan dipupuk dalam bisnis untuk memajukan bisnis itu sendiri.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan In­vestasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga hadir di acara tersebut, mengapresiasi gagasan Kadin.

Baca juga : Ini Upaya Transformasi LPS Hadapi Tantangan Global

Acara ini, kata Luhut, akan mengakui dan menghargai setiap inovasi yang dibuat oleh pelaku bis­nis dan individu. Tentunya dalam meningkatkan praktik keberlanjutan inklusif kegiatan mereka.

Menurut Luhut, Indonesia perlu melakukan transformasi ekonomi dengan mempromosi­kan praktik berkelanjutan. Salah satunya melalui transisi energi.

Indonesia juga telah menyiapkan road map mengenai energi baru terbarukan melalui industri kendaraan listrik. Dan juga pembangkit listrik energi terbarukan.

Baca juga : Pakar: Merger Salah Satu Pilihan Perusahaan Farmasi Hadapi Tantangan Kesehatan

“Hal ini dikarenakan, transisi energi adalah strategi kunci menu­ju energi hijau,” ucap Luhut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.