Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mitra Tokopedia, Mudahkan Pedagang Tradisional Hingga Kelontong

Rabu, 2 November 2022 14:09 WIB
Marfour Syam (kiri) pemilik Toko Si Kembar asal Bogor, Jawa Barat saat penerima penghargaan cerita kampung Mitra Tokopedia. (Foto: Istimewa)
Marfour Syam (kiri) pemilik Toko Si Kembar asal Bogor, Jawa Barat saat penerima penghargaan cerita kampung Mitra Tokopedia. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memasuki usia yang ke-4 tahun, aplikasi Mitra Tokopedia menyelenggarakan kampanye bertajuk #SemangatKu4t. Kegiatan ini sebagai apresiasi bagi pegiat usaha tradisional yang telah menggunakan platform tersebut untuk mengembangkan usaha.

"Selain berjualan, pemenang kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia ini juga membawa dampak bagi lingkungan sekitar. Sebagai bentuk penghargaan, kami akan melakukan renovasi warung atau toko para pemenang agar mereka lebih semangat dalam menjalankan usaha," jelas Head of New Retail Tokopedia Karina Susilo.

Aplikasi ini digunakan pemilik warung hingga toko kelontong dan usaha sejenis lainnya, menstok barang dagangan fisik maupun digital, seperti pulsa, paket data, token listrik dan masih banyak lagi, secara lebih mudah, murah dan cepat.

Baca juga : Perdagangan Karbon Nggak Ribet Dan Menguntungkan..

Marfour Syam, pemilik Toko Si Kembar (Bogor, Jawa Barat), menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia sejak 2018 untuk mencari pendapatan tambahan karena suaminya terpaksa berhenti bekerja.

Berkat Mitra Tokopedia, Marfour tidak perlu mengeluarkan modal untuk mulai berjualan produk digital. Produk digital yang paling banyak dibeli oleh pelanggannya antara lain pulsa telepon, paket data, voucher games dan token listrik.

Jika ada keuntungan lebih, Marfour selalu ikut menyumbang di kegiatan Jumat Berkah yang diadakan di lingkungannya untuk berbagi rezeki kepada sesama.

Baca juga : Presiden Korsel Perintahkan Pengibaran Bendera Setengah Tiang, Berkabung Hingga 5 Oktober

"Berkat Mitra Tokopedia, saya tidak perlu mengeluarkan modal untuk mulai berjualan produk digital seperti pulsa atau paket data. Saya juga sangat terbantu dalam mengatur pembukuan dan mencatat utang pelanggan dengan adanya fitur Catat Hutang di aplikasi Mitra Tokopedia," jelas Marfour.

Kisah lain datang dari Titin Lestari, pemilik Toko Gibran (Medan, Sumatra Utara), mendirikan warung di 2017 dan bergabung menggunakan Mitra Tokopedia pada 2019.

Ia menggunakan fitur Grosir untuk menstok sembako dan fitur Produk Digital di Mitra Tokopedia untuk berjualan produk digital, seperti pulsa, token listrik, paket data dan pembayaran tagihan angsuran kredit.

Baca juga : Waspada, Kejahatan Phising Incar Uang Pengguna Internet

Sejak bergabung menggunakan Mitra Tokopedia, omzet harian warung Titin bisa mencapai jutaan rupiah, dua kali lipat dibanding sebelum menggunakan Mitra Tokopedia. Karena tokonya lebih ramai pengunjung sejak menggunakan Mitra Tokopedia, Titin kerap membantu warga sekitar yang ingin menitipkan barang dagangan.

“Omzet warung saya bisa mencapai jutaan rupiah per hari, meningkat dua kali lipat semenjak pakai aplikasi Mitra Tokopedia. Warung juga jadi lebih ramai, jadi saya bisa bantu warga–yang tidak punya tempat jualan–untuk menitipkan barang dagangan mereka," ujar Titin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.