Dark/Light Mode

Waspada, Kejahatan Phising Incar Uang Pengguna Internet

Sabtu, 29 Oktober 2022 22:29 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Para pengguna internet terutama pemilik rekening digital perlu mewaspadai kejahatan phising. Model kejahatan tersebut kerap dijadikan sarana kejahatan untuk mencuri data dan keuangan korbannya.

Relawan TIK Provinsi Bali Romiza Zildjian mengatakan, data-data yang kerap dijadikan incaran pelaku kejahatan siber. Data tersebut adalah nomor kartu kredit beserta kata kuncinya; akun Paypal, Payoneer, atau GoPay.

Kemudian identitas pengguna, seperti nomor induk kependudukan (NIK), alamat rumah, pekerjaan, nomor telepon; teknologi paten perusahaan; atau data rahasia negara. Salah satu cara mendapatkan data-data tersebut adalah dengan metode phising.

Baca juga : Gus Miftah Dukung Ganjar Pranowo Mengabdi Untuk Indonesia

“Teknik phising adalah upaya mendapat data atau informasi korban lewat teknik pengelabuan," ujarnya dalam webinar bertema “Jangan Asal Download File, Hati-Hati Link Phising!” di Makassar, Sulawesi Selatan, dikutip Sabtu (29/10).

Contoh kejahatan web phising adalah situs plesetan “kilkbca.com”, yang seharusnya “klikbca.com” dan sejenisnya, muncul untuk menangkap PIN pengguna layanan Bank BCA.

Romiza menambahkan, banyak korban yang terperangkap jebakan phising seperti tersebut di atas. Hal itu disebabkan rendahnya kesadaran akan masalah keamanan.

Baca juga : Kementan Gandeng TNI Gencarkan Penandaan Dan Pendataan Ternak

Selain itu, penggunaan jaringan bersama yang terhubung ke internet memudahkan pelaku untuk mencuri data calon korbannya.

Oleh karena itu, agar tak mudah jatuh dalam jebakan phising, sebaiknya jangan sembarangan meng-klik tautan yang tak dikenal atau bukan dari sumber resmi.

Kepala Biro Kompas TV Makassar Maya Oktharia mengutip data Anti Phishing Working Group. Tercatat ada 165.772 website phising yang siap menjaring korban.

Baca juga : Mentan Terima Penghargaan Kampus Pertanian Se-Indonesia

Laporan dari Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menunjukkan, ada 5.579 serangan phising yang terjadi di Indonesia dengan sebaran paling banyak mengincar lembaga keuangan, yakni persentasenya mencapai 41 persen. Sisanya adalah situs e-commerce 32 persen dan media sosial 21 persen.

“Tips agar tidak mudah terjebak phising sebaiknya memperbarui informasi yang terkait dengan phising. Selalu cek siapa yang mengirim e-mail dan jangan asal meng-klik tautan yang diberikan. Lalu, pastikan keamanan website yang diakses,” ujar Maya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.