Dark/Light Mode

Ramaikan G20, Kemenkop UKM Siap Pamerkan Future SMEs Village Produk Indonesia

Jumat, 11 November 2022 20:44 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (tengah) di acara Opening Ceremony side event G20 di Bali, Jumat (11/11). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (tengah) di acara Opening Ceremony side event G20 di Bali, Jumat (11/11). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
Pengalaman lain yang bisa didapat dalam kegiatan ini adalah kendaraan listrik untuk mendukung transisi global ke energi terbarukan, sekaligus mempromosikan dan menyosialisasikan program masa depan yang berkelanjutan Indonesia kepada para delegasi dan masyarakat umum.

“Future mobility ini merupakan upaya kolaborasi bersama Kementerian Perhubungan,” jelasnya.

Baca juga : Jelang KTT G20, Bandara Juanda Siapkan 17 Stand Parkir Pesawat

Kemenkop UKM juga bekerja sama dengan Yayasan Bambu Lestari dalam memperkenalkan kekayaan karya cipta budaya nusantara, melalui prinsip-prinsip kelestarian lingkungan dan penguatan masyarakat desa.

Hal ini bertujuan untuk mendukung pengembangan bambu berbasis desa, pembangunan rendah karbon, circular and restoration economy, green mobility, dan green investment.

Baca juga : Utamakan TKDN, KAI Raih Penghargaan Anugerah Cinta Indonesia 2022

Selanjutnya, melalui kerja sama dengan Indonesia Wellness Institute dan para pelaku usaha wellness, Kemenlop UKM mendeklarasikan Indonesia Wellness, sebagai bentuk dukungan dan gerakan gaya hidup sehat, sekaligus memaksimalkan potensi Indonesia pada pasar industri wellness dunia.

Direktur Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha kecil Menengah (LLP-KUKM) atau Smesco Leonard Theosabrata menambahkan, Future SMEs Village ini dibangun dengan konsep yang dimodernisasi bersama beberapa pihak.

Baca juga : Kemenkes Percepat Produksi Dokter Spesialis di Indonesia

“Kami ingin menampilkan Indonesia melalui UMKM nya punya kemajuan dan beradaptasi teknologi, tanpa meninggalkan tradisi serta keunggulan daerah. Di mana semuanya merupakan produk agro based. Bahwa dengan local wisdom dan local sustainibility ke depan sudah ada di Indonesia,” terang Leonard. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.