Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KTT G20, Kominfo Siapkan Fasilitas Media Center

Jumat, 23 September 2022 10:58 WIB
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Usman Kansong. (Foto: Istimewa)
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Usman Kansong. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berbagai persiapan menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tengah dimatangkan. Termasuk akses informasi untuk seluruh media yang hadir secara virtual maupun langsung.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Usman Kansong menjelaskan, agenda KTT G20 berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022. Acara tersebut akan menghadirkan berbagai delegasi dan pejabat terkait dari berbagai negara.

"Itu merupakan pertemuan puncak yang dihadiri oleh Kepala Pemerintahan dari berbagai Negara anggota G20," jelas Usman dalam acara Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Jakarta, Kamis (22/9).

Mengingat akan dihadiri oleh banyak pejabat dari berbagai negara maka keamanan dalam kegiatan tersebut akan berjalan secara ketat. Persiapan semakin dimatangkan, mulai dari akses media dan materi pembahasan yang diusung Kominfo.

Baca juga : Kemenkes Siapkan Fasilitas Kesehatan Di Setiap Venue KTT G20

"Untuk media kami menyediakan Media Center KTT G20, penyediaan konten informasi, media handling, dan fasilitas pendukung lainnya," terangnya.

Kementerian Kominfo terus bersiap agar komunikasi publik dan pelayanan media dapat berjalan dengan baik. Media Center KTT G20 direncanakan berlokasi di The BICC/Westin Resort Nusa Dua Bali. Dapur informasi KTT G20 itu akan beroperasi pada 13 hingga 17 November 2022.

Kementerian Kominfo menyiapkan ruangan media center yang mampu menampung sekitar 1.500 orang jurnalis. Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas antara lain 192 unit komputer yang terhubung dengan jaringan LAN dengan koneksi internet 1.5 GBPS.

"Selain itu, Media Center KTT G0 juga menghadirkan ruang konferensi pers dengan kapasitas 443 orang lengkap dengan interpreter dalam lima bahasa," katanya.

Baca juga : Kemenkominfo Bagikan Tips Bisnis Digital Di Sumatera

Dia menyebutkan, pihaknya juga menyediakan media lounge, tenaga kesehatan, fasilitas relaksasi, dan sarana fotocopy. Untuk mendukung komunikasi publik, Media Center KTT G20 akan menyediakan Siaran Pers dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia. Media center juga akan menyediakan foto-foto jurnalistik dan clean feed broadcast.

"Tak terbatas di ruangan media center saja, Kementerian Kominfo juga menyediakan fasilitas transportasi berupa shuttle bus yang melayani jurnalis dari lokasi penginapan di luar area konferensi menuju lokasi Media Center KTT G20," paparnya.

Sebagai informasi, registrasi bagi media peliput dalam dan luar negeri telah dibuka sejak 5 September 2022 dan akan ditutup pada 10 Oktober 2022, dengan pendaftaran melalui tautan https://g20.org/registration.

Hingga Selasa (20/9/2022) telah terdaftar 750 jurnalis dari 156 media. Dengan rincian 547 jurnalis dari 111 media internasional, dan 203 jurnalis dari 45 media nasional.

Baca juga : BBM Naik, Teten Cs Siapkan Kasih Bantuan Ke UKM

"Media yang telah terdaftar dapat mengambil ID badge di Courtyard Bali Seminyak Resort dengan menyertakan hasil swab antigen yang disediakan di lokasi pengambilan ID badge," ucap Usman menerangkan.

Sementara untuk materi pembahasan pihak Kominfo menyebut masih menyiapkan bahan utama. Seperti diketahui, Kemenkominfo telah menyelenggarakan Pertemuan Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Working Group (DEWG). Pertemuan DEWG merupakan rangkaian/series yang keempat.

"Kegiatan itu nantinya berpuncak pada pertemuan G20 Summit atau Konferensi Tingkat Tinggi G20 bulan November mendatang," sebutnya. 

Isu terkait keamanan data publik nampaknya akan menjadi pembahasan para delegasi. Soalnya, keamanan data publik menjadi isu krusial yang harus dijawab bersama oleh anggota G20. "Tema-tema pembahasan termasuk kerja sama perlindungan data masih terus dimatangkan," tukasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.