Dark/Light Mode

Mudahkan ASN Surakarta Akses Hunian Terjangkau

Taspen Sediakan Skema DP 0% & Cicilan 40 Tahun

Sabtu, 12 November 2022 07:30 WIB
Direktur Utama PT Taspen A.N.S. Kosasih (tengah), Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kanan) dan 
Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno menunjukkan dokumen Perjanjian Kerja Sama (PKS) Penyediaan Hunian DP Nol Persen, di Pendopo Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (10/11). (Foto: Dok. Taspen).
Direktur Utama PT Taspen A.N.S. Kosasih (tengah), Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kanan) dan Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno menunjukkan dokumen Perjanjian Kerja Sama (PKS) Penyediaan Hunian DP Nol Persen, di Pendopo Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (10/11). (Foto: Dok. Taspen).

 Sebelumnya 
“Kerja sama dengan Bank Jateng ini memungkinkan ASN aktif mendapatkan kredit dengan cicilan sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 2 juta,” jelasnya.

Sejauh ini, menurut dia, masyarakat Surakarta terutama para ASN, sangat tertarik akan program Hunian ASN dengan DP nol persen dan cicilan 30 hingga 40 tahun. Bahkan, mereka berharap memperoleh kesempatan untuk berpartisipasi dalam program yang akan mempermudah ASN untuk memiliki rumah.

“Setelah program di Surakarta berjalan, kami secara bertahap akan menggandeng berbagai Pemerintah Daerah lainnya, dalam membantu para ASN di seluruh Indonesia untuk memiliki rumah,” janjinya.

Saat ini perseroan memiliki beberapa produk dan layanan, seperti Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun dan Program Jaminan Kematian (JKM).

Baca juga : Bangun Gerakan Energi Kerakyatan, PLN Ajak Pesantren Sediakan Bahan Baku Cofiring PLTU

Selama masa pandemi Covid-19 pun, Taspen tetap mengedepankan kenyamanan dan keselamatan peserta dengan menerapkan layanan digital, berupa Taspen Peson (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona). Yakni, layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klaim, Taspen Care dan Otentikasi Digital.

Selain itu, peserta pensiunan dapat mengakses layanan Taspen melalui e-klim.taspen.co.id dan tcare. taspen.co.id untuk mengunduh formulir klaim atau mengajukan pertanyaan dan keluhan.

Di kesempatan yang sama, Gibran mengakui, banyak ASN di wilayah tugasnya belum memiliki rumah dan tinggal jauh dari tempat kerja.

“Banyak ASN kami, setiap hari berkendara berjam-jam menggunakan KRL (Kereta Rel Listrik) maupun kendaraan untuk sampai ke kantor tempatnya bekerja,” akunya.

Baca juga : Kejagung Tetapkan Emirsyah Satar Tersangka Baru Kasus Pengadaan Pesawat Di Garuda

Karena itu, Gibran mengapresiasi program Hunian ASN dari Taspen, yang bekerja sama dengan Bank Jateng untuk pembayaran kredit perumahan. Termasuk menyediakan lahan kosong untuk dibangun rumah susun modern dan rumah tapak.

“Pemkot Solo nantinya akan membangun hunian di atas lahan di Mojosongo,” katanya.

Hunian dengan konsep lahan tumbuh ini akan dikembangkan anak usaha Taspen, yakni PT Taspen Properti Indonesia. Di samping itu, untuk dapat memanfaatkan fasilitas ini, ASN aktif wajib mengalihkan identitas penduduk atau KTP menjadi warga Solo.

“Kami yakin, dengan inovasi program hunian ini di Surakarta, akan membuka potensi program serupa untuk dapat direplikasi di kota, kabupaten bahkan provinsi lainnya di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Baca juga : KPK Tetapkan Adik Bupati Muna Tersangka Kasus Suap Dana PEN Daerah

Direktur Bank Jateng, Dodit Probojakti menegaskan, kolaborasi dengan Taspen dan Pemkot Solo, akan menjamin kepastian pembayaran semasa ASN aktif. Apalagi Taspen menjamin kepastian pembayaran pasca ASN pensiun.

“Ke depan, Bank Jateng siap membantu untuk pembiayaan kredit bagi seluruh ASN di Jawa Tengah. Dan senantiasa terbuka untuk inovasi program kepada para ASN, di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta maupun provinsi lainnya,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.