Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Buku B20 Sustainaibility 4.0 Awards Besutan KADIN Dipuji Luhut

Sabtu, 12 November 2022 08:36 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menjadi penerima pertama buku B20 Sustainability 4.0 Awards besutan KADIN Indonesia. (Foto: Dok. KADIN Indonesia)
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menjadi penerima pertama buku B20 Sustainability 4.0 Awards besutan KADIN Indonesia. (Foto: Dok. KADIN Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jenderal TNI (HOR) Luhut Binsar Panjaitan mengapresiasi peluncuran buku B20 Sustainability 4.0 Awards, dalam event B20 Indonesia Net Zero Summit 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Jumat (11/11).

Luhut menilai, buku ini dapat menciptakan langkah-langkah strategis, yang berdampak sebagai komitmen dunia usaha. Demi mendukung pembangunan Indonesia yang lebih baik dan berkelanjutan.

Buku B20 Sustainability 4.0 Awards disusun KADIN Indonesia, setelah menerima lebih dari 700 pendaftar serta 200+ proposal dari 34 kota di Indonesia di tiga kategori utama: akses ke air bersih; pengurangan dan penggunaan kembali sampah plastik; dan perempuan memimpin dalam keberlanjutan.

“Dalam rangka membangun Indonesia yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, dibutuhkan perubahan cara dalam menggerakan perekonomian Indonesia, dengan mengadaptasi praktik berkelanjutan," kata Luhut, yang menjadi penerima pertama buku B20 Sustainability 4.0 Awards.

Baca juga : KADIN Luncurkan Buku B20 Sustainability 4.0 Awards

Buku ini akan menjadi panduan bagi perusahaan-perusahaan Indonesia, untuk bertransisi menjadi bisnis yang berkelanjutan. Di samping menjadi wadah untuk mengapresiasi seluruh stakeholder.

"Termasuk, para pendaftar yang telah mengajukan upaya keberlanjutan mereka, untuk Indonesia yang lebih baik dan lebih sehat,” ucap Luhut.

Lulusan Terbaik Akabri 1970 ini mengacungkan jempol kepada KADIN Indonesia, atas langkah yang telah diambil.

Di mata Luhut, KADIN Indonesia mengakui dan menghargai setiap inovasi yang dibuat oleh bisnis dan individu, dalam meningkatkan praktik keberlanjutan inklusif kegiatan mereka.

Baca juga : Kesetaraan Disabilitas Indonesia Dipuji NPC ASEAN

Terlebih, saat ini, Indonesia sedang memperlihatkan sebagai negara yang punya komitmen tinggi, dalam memprioritaskan praktik pembangunan berkelanjutan.

Sementara itu, Ketua Umum KADIN Indonesia dan Host of B20 Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan, praktik berkelanjutan memiliki banyak manfaat bagi perusahaan.

Tak hanya meningkatkan citra dan reputasi perusahaan, sehingga punya nilai lebih di mata investor. Tetapi juga dapat membantu perusahaan, untuk terus berinovasi serta punya dampak positif bagi lingkungan hidup.

“Buku B20 Sustainability 4.0 Awards ini membantu menyadarkan para pelaku UMKM hingga swasta, betapa pentingnya mengadopsi praktik berkelanjutan. Apalagi, saat ini, perubahan iklim menjadi perhatian pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat untuk mengurangi jejak karbon dan menjadi bisnis yang berkelanjutan," papar Arsjad, yang juga Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk.

Baca juga : Resmi Digelar, B20 Sustainability 4.0 Awards Pertama di Indonesia

Dia meyakini, pelestarian lingkungan yang mengadopsi praktik berkelanjutan, juga membuka peluang besar perusahaan untuk mendapatkan investasi.

"Buku B20 Sustainability 4.0 Awards juga menjadi bukti bahwa perusahaan-perusahaan di Indonesia, benar-benar mengimplementasikan praktis bisnis berkelanjutan,” tutur pria kelahiran 16 Maret 1970 ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.