Dark/Light Mode

Logo Top Halal Award Tambah Kepercayaan Konsumen

Sabtu, 12 November 2022 22:14 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia Halal Training & Education Center (IHATEC) berhasil menggelar acara Top Halal Award 2022. Acara tersebut ini bertujuan untuk memberikan apresiasi penghargaan untuk merek-merek yang berhasil meraih posisi teratas sebagai merek halal yang top dari pandangan milenial.

Direktur IHATEC Evrin Lutfika menjelaskan, penghargaan Top Halal Award 2022 didasarkan dari hasil survei Top Halal Index yang dilakukan oleh IHATEC Marketing Research di 5 kota besar.

Yaitu, Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan dan Makassar dengan melibatkan 1.300 responden, baik pria maupun wanita.

Baca juga : Sigit Pede, Akhir Tahun Ini Polri Bisa Kembalikan Kepercayaan Publik

"Survei dilakukan pada bulan Maret-April 2022 dengan menggunakan metode wawancara langsung kepada responden (face to face interview)," jelas Evrin dalam keterangan persnya usai acara yang digelar di Hotel Aryaduta, Jakarta, dikutip Sabtu (12/11).

Dia bilang responden yang dipilih adalah mereka yang berusia 20 sampai 40 tahun (kelompok milenial), dengan tingkat pengeluaran per bulan atau social economy status (SES) minimum Rp 1.500.000 hingga mereka berpengeluaran per bulan lebih dari Rp 10 juta.

Responden yang diwawancara tidak saja orang muslim, tetapi juga non muslim. Merek yang mendapatkan Top Halal Award adalah merek yang memiliki Indeks Top Halal (Top Halal Index) di atas indeks rata-rata di kategorinya dan indeks merek tersebut berada di posisi 3 teratas (top three).

Baca juga : FIFA Matchday, Klok Siap Jawab Kepercayaan Shin Tae Yong

Top Halal Index dibangun oleh dua elemen besar, yaitu elemen Merek dan elemen Halal. Ada 3 parameter yang membentuk elemen Merek, yaitu Top of Mind Halal Brand Awareness, Last Usage Brand Halal dan Future Intention Brand Halal.

Sedangkan Elemen Halal dibentuk oleh 4 parameter yaitu Persepsi terhadap komunikasi Kehalalan produk, Persepsi Kehalalan terhadap Bahan Baku, Persepsi Kehalalan terhadap Proses Produksi dan Persepsi Kehalalan pada Kemasan Produk.

IHATEC Marketing Research adalah salah satu unit baru dari IHATEC. Divisi ini merupakan perusahaan marketing research di bidang halal pertama di Indonesia yang akan menyediakan data serta pengembangan informasi mengenai pasar halal di Indonesia.

Baca juga : Kapolri: Kepercayaan Publik Sangat Penting

Melalui divisi ini, IHATEC akan merilis hasil survei Top Halal Index setiap tahunnya sebagai barometer performance merek halal yang diukur oleh responden dari kalangan Milenial Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.