Dark/Light Mode

Angin Segar Untuk Iklim Investasi RI

Pendanaan Diraup Startup Bagai Oase Di Gurun Pasir

Minggu, 20 November 2022 07:30 WIB
(Foto: Dok. Telkom)
(Foto: Dok. Telkom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keberhasilan MDI Ventures menarik minat investor menanamkan modalnya di startup lokal, merupakan kabar menggembirakan. Sebab, hal itu terwujud di tengah besarnya tantangan perekonomian global.

Investor melalui MDI Ventures, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom, memberikan pendanaan senilai l 399 juta dolar Amerika Serikat (AS), setara Rp 6,19 triliun untuk 25 startup (perusahaan rintisan) lokal.

Peneliti Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Nailul Huda menilai, pendanaan tersebut menjadi nilai positif bagi pertumbuhan startup di Indonesia.

Baca juga : Komarudin Watubun: Penegakan Disiplin Partai Berlaku Bagi Seluruh Kader PDIP

“Dari mana pun pendanaan itu, apakah investor lokal atau asing, tentu suatu hal yang positif dan menjadi angin segar bagi startup,” ujar Nailul saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.

Apalagi di tengah kondisi ekonomi seperti saat ini, lanjut Nailul, pendanaan dari investor bisa diibaratkan oase di tengah gurun pasir.

Pasalnya, hingga pertengahan tahun ini pendanaan startup menukik cukup tajam, bila dibandingkan dengan tahun 2021.

Baca juga : Srikandi Ganjar DIY Bangun Sumur Bor Di Gunungkidul

“Kita lihat sampai pertengahan tahun ini, nggak ada setengahnya dari pendanaan tahun lalu. Hal ini bisa berbahaya bagi ekosistem startup digital di Indonesia,” katanya.

Menurut Nailul, karakteristik startup di Indonesia masih membutuhkan pendanaan untuk bisa beroperasi dan bersaing dengan kompetitor.

Sehingga, keberadaan investor menjadi salah satu komponen yang sangat penting bagi pertumbuhan ekosistem digital Indonesia.

Baca juga : Jajaki Investasi Transportasi Listrik Di Jatim

“Karakteristiknya memang begitu, tanpa pendanaan startup kita nggak bisa jalan, nggak bisa beroperasi, nggak bisa tumbuh, nggak bisa melayani masyarakat dan nggak bisa bersaing dengan kompetitor,” ungkapnya.

Sebelumnya, di event B20 Summit, di Bali pada Senin (14/11), Telkom mengundang perwakilan investor, investor global dan startup binaan MDI Ventures untuk menandatangani nota kesepahaman penyaluran investasi.

Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Erick Thohir mengapresiasi kinerja Telkom bersama MDI Ventures yang mampu membantu penyaluran investasi bagi startup Tanah Air, sekaligus mengakselerasi kemajuan ekonomi digital di Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.