Dark/Light Mode

Sekolah Binaan Yayasan Astra Di Bogor Sabet Predikat Unggul

Rabu, 23 November 2022 22:01 WIB
Sektretaris pengurus YPA-MDR, Wedijanto Widarso (kanan)  memberikan apresiasi kepada Kasubag Tata Usaha Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Provinsi Jawa Barat, Cucu Salman (kiri) saat YPA MDR mengadakan media tour predikat sekolah unggul  bertajuk Sekolah Unggul untuk Indonesia di SMKN 1 Leuwiliang, Bogor, Rabu (23/11). (Foto: Ist)
Sektretaris pengurus YPA-MDR, Wedijanto Widarso (kanan) memberikan apresiasi kepada Kasubag Tata Usaha Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Provinsi Jawa Barat, Cucu Salman (kiri) saat YPA MDR mengadakan media tour predikat sekolah unggul bertajuk Sekolah Unggul untuk Indonesia di SMKN 1 Leuwiliang, Bogor, Rabu (23/11). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekolah binaan PT. Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) meraih predikat sekolah unggul dalam acara Media Tour bertajuk Sekolah Unggul untuk Indonesia di SMKN 1 Leuwiliang, Bogor (23/11).

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Hartono Anwar mengucapkan, terima kasih kepada Astra melalui YPA-MDR atas perhatian dan bantuan pendidikan kepada masyarakat di Kabupaten bogor khususnya Leuwiliang. “Saya berharap sekolah yang telah unggul ini bisa diimbaskan ke sekolah-sekolah lain,” ujarnya.

Kasubag Tata Usaha Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Provinsi Jawa Barat, Cucu Salman mengatakan, kepedulian YPA-MDR yang menggurita kepada daerah tertinggal melahirkan sekolah yang luar biasa, terutama keunggulan yang telah diraih oleh SMKN 1 Leuwiliang. “Kami ucapkan terima kasih kepada YPA-MDR yang turut berkontribusi membangun sekolah ini,” katanya.

Baca juga : Gelaran Festival Citra Pariwara 2022, Gaet Para Ahli Periklanan

Dalam paparannya, Sektretaris pengurus YPA-MDR, Wedijanto Widarso menjelaskan, predikat sekolah unggul yang diraih oleh sekolah ditentukan berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan oleh YPA-MDR berkerjasama dengan Politeknik Astra setiap tahunnya.

Adapun kriteria sekolah unggul sebagai berikut: pertama, Akademik dengan bobot 40 persen. Ini meliputi kurikulum, kepala sekolah, guru, siswa, kesiswaan, bp/bk, perpustakaan, literasi, akreditasi sekolah.

Kedua, Karakter dengan bobot 20 persen. Ini meliputi implementasi karakter CerDAS (Cermat, Dinamis, Antusias, Sinergi). Ketiga, Non akademik dengan bobot 20 persen yang meliputi program kecakapan hidup dan seni budaya.

Baca juga : Kemenkominfo-Kemendagri Kuatkan Pemahaman Literasi Digital Dengan Sikuat

Yang terakhir, program pendukung dengan bobot 20 persen, kegiatan ekstrakurikuler, komite sekolah, prestasi, sinergi dengan dinas pendidikan, pemanfaatan sarana-prasarana sekolah.

Sekolah binaan di Kabupaten Bogor yang telah mendapatkan predikat sekolah unggul adalah SDN Karyasari 1, SDN Karysari 2, SDN Karyasari 3, SDN Hegarmanah, SDN Pabangbon 1, SMPN 4 Leuwiliang dan SMKN 1 Leuwiliang.

Melalui pencapaian predikat sekolah unggul ini, YPA-MDR berharap sekolah-sekolah binaan dapat termotivasi untuk menorehkan prestasi baik pada bidang akademik dan non akademik pada skala nasional bahkan internnasional hal ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa.

Baca juga : Saatnya Vaksin Anak Bangsa Dipakai, Jangan Impor Terus

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.