Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cek Proyek Rel Ganda Kereta Api Tahap II

Menhub Target Solo Bebas Macet Dan Cegah Kecelakaan

Senin, 28 November 2022 06:50 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sabtu (26/11) meninjau proyek pembangunan rel ganda (double track) KA Solo - Semarang fase 1 segmen Solo Balapan - Kalioso sepanjang 10 kilometer spoor. (Foto: Dok. Kementerian Perhubungan).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sabtu (26/11) meninjau proyek pembangunan rel ganda (double track) KA Solo - Semarang fase 1 segmen Solo Balapan - Kalioso sepanjang 10 kilometer spoor. (Foto: Dok. Kementerian Perhubungan).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan jalur ganda kereta api (KA) Solo Balapan- Kadipiro-Kalioso tahap II terus dikebut. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan, proyek ini bisa rampung Februari 2023.

Per 25 November 2022, progres pekerjaannya telah mencapai 38,52 persen.

Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi mengecek langsung progres pembangunan jalur KA tersebut di Solo, Jawa Tengah, kemarin.

BKS-sapaan akrab Budi Karya Sumadi, didampingi Plt Dirjen Perkeretaapian Kemen­terian Perhubungan (Kemenhub) Risal Wasal, Direktur Prasa­rana Kemenhub Harno Trimadi, dan Kepala Badan Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa Bagian Tengah (Jabagteng) Putu Su­marjaya.

Baca juga : Ini Makna HUT Kemerdekaan RI Menurut Skuad Macan Kemayoran

BKS melihat perkembangan proyek di Viaduk atau jembatan kereta di atas jalan raya Gilingan Solo. Dilanjutkan ke lokasi pem­bangunan underpass jalur KA di Simpang Joglo Banjarsari Solo.

Menurut BKS, pengecekan kali ini untuk melihat revitalisasi jalur KA Simpang Joglo Banjasari Solo. Jalur ini akan dipolarisasi karena dua hal. Pertama, Simpang Joglo adalah urat nadi pergerakan dari Jakarta melalui Solo ke Surabaya.

Kedua, Simpang Joglo ter­dapat lintasan terbanyak, tujuh simpang. Hampir dipastikan, tanpa adanya jalur KA di sana, arus lalu lintas macet. Apalagi, kalau ada KA, maka terjadi kemacetan.

Untuk itu, Kemenhub bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan revitalisasi dan mengangkat KA dua jalur dengan ketinggian tertentu.

Baca juga : Jokowi Happy KIT Batang Laris

Kementerian PUPR membuat jalan menjadi lebih besar dari 7 simpang itu. Sementara, 1 sim­pang dihilangkan.

“Revitalisasi itu sudah ada rekayasa atau digitalisasi per­bedaan lintas bidang, juga ada 1 simpang akan dihilangkan,” ungkapnya.

Eks Dirut Angkasa Pura ll ini juga merencanakan pem­bangunan viaduk. Karena, bus sekarang tidak bisa melintas di jalur itu. Nah, nanti setelah revitalisasi, bus bisa lewat.

Pihaknya juga akan mem­buat viaduk kedua yang menghubungkan Masjid Syeikh Zayed dan Islamic Center.

Baca juga : Menhub Targetkan Jalur Maros-Barru Beroperasi Oktober 2022

“Kami memberikan dukungan aksesibilitas kegiatan destinasi wisata baru di Solo yang sangat sakral. Namun, kegiatan ini tidak lepas dengan proyek Simpang Joglo,” kata BKS.

Putu Sumarjaya mengata­kan, pembangunan jalur ganda KA Solo Balapan-Kadipiro Kalioso di Solo per Agustus 2022, memasuki tahap ll. Yakni, pengerjaan substruktur jembatan dengan rangka baja atau fondasi, dan tiang penyangga jembatan utama sepanjang 270 meter.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.