Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Elnusa Petrofin-BKKBN Kaltim Ajak Kader Posyandu Cegah Gizi Buruk Pada Anak

Senin, 28 November 2022 16:41 WIB
Penyuluhan Gizi Seimbang bagi Anak yang digelar Elnusa Petrofin, di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (26/11). (Foto: Dok. EPN)
Penyuluhan Gizi Seimbang bagi Anak yang digelar Elnusa Petrofin, di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (26/11). (Foto: Dok. EPN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Elnusa Petrofin (EPN), anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA), menggelar Penyuluhan Pentingnya Gizi Seimbang untuk Pencegahan Stunting bagi Anak di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (26/11).

Kegiatan ini ditujukan bagi Kader Posyandu, PKK, dan ibu rumah tangga yang bermukim di sekitar perusahaan. EPN menggandeng Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim sebagai pengisi acara kepada 80 peserta, dan melibatkan Persatuan Istri Awak Mobil Tangki Fuel Terminal Samarinda “Al-Husna” dalam membantu penyelenggaraan penyuluhan tersebut.

Acara turut dihadiri Sekretaris Camat Sungai Kunjang Dili Satria, Kepala Puskesmas Wonorejo Yenny Indrawati, Lurah Teluk Lerong Ulu Anton Sulistyo, Babinsa Teluk Lerong Ulu Surata, PKK Kelurahan Teluk Lerung Ulu, Fuel Terminal Manager Samarinda PT Pertamina Patra Niaga Erik Imam Kasmianto, dan Persatuan Wanita Patra (PWP) Fuel Terminal Samarinda serta masyarakat sekitar.

Baca juga : Polisi Baik Kasih Panggung, Yang Buruk Buang Aja

Head of Corporate Communication & BoD Support Putiarsa Bagus Wibowo mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Petrofin Peduli yang berpilarkan #PetrofinSehat dengan berfokus pada peningkatan kualitas kesehatan dan edukasi gizi masyarakat.

“Kasus kekurangan gizi atau gizi buruk yang masih terjadi di masyarakat tentu sangat memengaruhi kualitas generasi penerus bangsa karena mempengaruhi tumbuh kembang mereka. Hal ini terjadi akibat asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Oleh karena itu, Elnusa Petrofin menginisiasi untuk terus memberikan penyuluhan dimana makanan yang berprotein tinggi dan bergizi dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat dengan mudah dan murah di pasaran,” ujar Putiarsa, seperti keterangan yang diterima RM.id, Senin (28/11).

Program Petrofin Peduli Pencegahan Stunting ini telah dimulai secara bertahap sejak 2020 dan secara serentak setiap tahunnya dilakukan di seluruh unit operasi EPN di khususnya setiap November. Hal ini juga sebagai langkah EPN dalam mendukung program pemerintah dalam pencegahan stunting baik melalui penyuluhan, pemberian makanan tambahan bergizi, maupun asupan vitamin guna meningkatkan kesehatan anak di seluruh wilayah penjuru Indonesia.

Baca juga : Anak Cenderung Alami Gizi Buruk

Putiarsa melanjutkan, kegiatan yang dilakukan ini sejalan dengan target pencapaian poin ke-3 Sustainable Development Goals (SDG's), yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia. “Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat di Kota Samarinda untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pola asuh anak dan pemilihan makanan yang baik dalam rangka pemenuhan kualitas gizi bagi keluarga mereka serta semua elemen masyarakat terus bersinergi untuk mencegah dan mengurangi kasus stunting di Indonesia,” tutupnya

Sekretaris Camat Sungai Kunjang Dili Satria mengucapkan terima kasih kepada PT Elnusa Petrofin yang telah memprakarsai kegiatan penyuluhan di lingkungan Teluk Lerong Ulu terkait penyeimbangan gizi kepada masyarakat. Satria berharap, kegiatan ini terus dikembangkan untuk membantu pemerintah dalam mencegah terjadinya stunting dan dapat menciptakan anak yang sehat dan berkarakter di wilayah mereka.

Senada dengan Satria, Kepala Puskesmas Wonorejo Yenny Indrawati turut menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi langkah Elnusa Petrofin atas peran sertanya meningkatkan pengetahuan bagi masyarakat khususnya pada kader posyandu di Kelurahan Teluk Lerong Ulu.

Baca juga : Di Hari Keluarga Nasional, Puan Ajak Masyarakat Dukung RUU KIA Demi Gizi Baik Anak

“Terima kasih untuk Elnusa Petrofin yang telah memberikan perhatiannya kepada Lembaga-lembaga yang ada di kelurahan ini terutama para kader posyandu dimana masih banyak yang kurang mengerti bagaimana pencegahan stunting ini. Semoga kolaborasi dapat berjalan lebih jauh lagi dengan pendampingan kepada masyarakat guna membantu menurunkan angka stunting di wilayah Samarinda,” ucapnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.