Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Aplikasi Pelari Jaktim, Bentuk Inovasi Layanan Pertanahan di Era Digital

Selasa, 7 Desember 2021 21:15 WIB
Aplikasi Pelari Jaktim, Bentuk Inovasi Layanan Pertanahan di Era Digital

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski pandemi, Pendaftaran Tanah Sestemis Lengkap (PTSL) terus berjalan, memasuki akhir tahun 2021, Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Timur (Kantah Jaktim) akan menyerahkan 1200 sertipikat hasil program PTSL pada 10 Desember nanti bersama seluruh Kantor Pertanahan di Wilayah administrasi DKI Jakarta.

Kasubag Tata Usaha Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Timur Mochamad Sauki, SH, MH, mengatakan Salah Satu Inovasi Pelayanan Digital BPN Jakarta Timur, meluncurkan aplikasi PELARI JAKTIM (Pelayanan Mandiri) hal ini untuk melayani Antrian Loket, Informasi Layanan dan Isi Dokumen,Validasi Dokumen dan Konsultasi PTSL, dengan aplikasi PELARI aktifitas tatap muka dapat diminimalkan.

Sauki menuturkan dibawah kepemimpinan Sudarman Harjasaputra, S.T., M.Si., BPN Jakarta Timur telah meraih penghargaan diantaranya, EVALUASI SAKIP 2020, mendapatkan nilai 83,67 predikat MEMUASKAN, "kami terus meningkatkan inovasi pelayanan publik yang lebih baik lagi, “Penyelesaian Tunggakan rutin hingga 31 Oktober 2021 sebanyak 1,617 bidang sedangkan tunggakan PTSL per tanggal 12 November 2021 sebanyak 15.930 bidang, grafik terus membaik menandakan kinerja seluruh aparatur di Kantah Jakarta Timur sangat baik.” Jelasnya, pada media batu-baru ini.

Baca juga : Kebiasaan Buruk Ini Dapat Mempengaruhi Pertumbuhan dan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Dalam pemaparan kinerja Kantah Jakarta Timur, M.Sauki yang telah bertugas di Kantah Jakarta Timur selama 1,5 tahun menjelaskan, Kantor Pertanahan Jakarta Timur meliputi kewilayahan sebanyak 10 Kecamatan dan 65 Kelurahan terluas diantara Kantor Pertanahan di wilayah administrasi DKI Jakarta. Data di Kantah Jaktim menunjukkan ada 5 layanan terbanyak yang kami kerjakan yaitu, 1. Pengecekan Sertipikat (25.918), Peralihan Hak atau Jual Beli (6.141),Hak Tanggungan (3.924), Roya (2.898) dan Informasi Nilai Tanah (316).

Dalam kesempatan itu Sauki memaparkan pencapaian dalam pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan meningkatnya sarana dan  prasarana di lingkungan kantor Pertanahan Jakarta Timur, seperti Sudut Pelayanan Prioritas.

“Sarana dan prasarana itu meliputi fasilitas loket (loket penyerahan produk, loket prioritas, loket layanan pemetaan, loket konsultasi yuridis, manajer loket), layanan mandiri, ruang bermain anak, ruang laktasi, cafe tanahku, mesin EDC/pembayaran, KTP reader, charging station, buku tamu online, access, IKM barcode, papan QR code, termosafe, sarana parkir, tempat ibadah toilet dan jalur disabilitas,” ujarnya.

Baca juga : Menko Polhukam Ingin Optimalisasi Penanganan Perkara Berbasis Digital

Tidak hanya itu, lanjutnya, Sudut Ruang Bermain Anak dan Sudut Penyediaan Minuman Hangat yang disediakan gratis bagi Masyarakat kenyamanan setiap ruang di buat senyaman mungkin untuk menunjang kinerja, “Sebagai contoh tempat duduk rekan-rekan yang saat ini ditempati adalah inspirasi beliau saat berkunjung ke Italia, dimana tempat rapat di sini dibuat lebih santai sehingga yang mengikuti rapat menjadi nyaman, bahkan kami juga membuka laporan melalui WhatsApp dimana setiap masyarakat yang ingin mengadukan persoalan terkait pertanahan di Jakarta Timur bisa menghubungi hotline kami di nomor 0811163801 program itu dinamai Jakarta Quick Respon ,” ungkapnya.

Petugas Penerimaan Pengaduan/Laporan Masyarakat Via Media Sosial Menjelaskan sistem Pengolahan Pengaduan Masyarakat Petugas penerimaan pengaduan/laporan masyarakat melalui Media sosial, Shasa menambahkan, setiap harinya kami menerima aduan atau pertanyaan dari masyarakat 100 hingga 200 orang, semua pertanyaan itu akan langsung kami sampaikan kepada bidang terkait. Agar semua masyarakat benar-benar bisa terlayani dengan baik dan benar.

“Tak jarang bapak Kepala Kantor sering duduk di sini untuk melihat langsung laporan dari masyarakat, sehingga beliau bisa langsung menjawab pertanyaan atau keluhan tersebut. Adapun pertanyaan dari masyarakat itu akan kita jawab paling telat 3 x 24 jam,” pungkasnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.