Dark/Light Mode

ESG Jadi Peta Jalan Pertamina untuk Bisnis Berkelanjutan

Senin, 28 November 2022 22:03 WIB
(Foto: Istimewa)
(Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Menurut Jalal, di industri migas, penerapan ESG terbukti menguntungkan, maka ESG disambut dengan baik. Bahkan, jika dikelola dengan baik, pengelolaan risiko sangat menonjol.

Ganda Putra Simatupang mengatakan, KPI menyiapkan strategi ESG yang berfokus pada 10 sustainability yang sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

KPI sudah membuat grand plan proses bisnis hingga 2060 yang terkait NZE.

Baca juga : Perhatikan Seluruh Aspek Keselamatan

“Ini akan tercermin dalam inisiatif program ESG yang kami terapkan,” katanya.

Kesepuluh sustainability yang dijalankan KPI adalah adalah mengatasi perubahan iklim; mengurangi environmental footprint; melindungi keanekaragaman hayati (biodiversity); health and safety; dan pencegahan major accidents.

Selain itu adalah perekrutan, pengembangan dan retensi karyawan; inovasi; community engagement and impact; keamanan siber; dan etika korporasi.

Baca juga : Danone Dukung Pemenuhan Nutrisi dan Hidrasi Berkelanjutan

Ganda menambahkan investor selalu mempertanyakan kinerja perusahaan terkait health and safety.

Untuk itu, KPI sudah melakukan perbaikan signifikan dan cukup drastis.

“Terkait major accident, yang menjadi momok besar ada di kilang karena itu jadi fokus dalam ESG. Sementara terkait recrutring masing-masing ada KPI-nya,” ungkap dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.