Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bagi-bagi NIB Di Lampung

Erick Pastikan, Pertumbuhan Ekonomi Naik Signifikan, Lapangan Kerja Terus Terbuka

Kamis, 1 Desember 2022 15:06 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) dalam acara pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Perseorangan di Gedung Graha Adora, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis (1/12). (Foto: Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) dalam acara pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Perseorangan di Gedung Graha Adora, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis (1/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan keberpihakan BUMN terhadap para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Menurutnya, UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia yang harus dijaga.

Hal ini disampaikan Erick usai menghadiri acara pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Perseorangan di Gedung Graha Adora, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis (1/12).

Baca juga : Sandiaga Dorong Pelaku UMKM Dan IKM Manfaatkan Teknologi Di Ternate

Erick yang datang bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim ingin memastikan, pertumbuhan ekonomi Lampung dapat terus meningkat secara signifikan.

"Kami bersepakat terus menjaga dan memastikan terciptanya pembukaan lapangan kerja dan dukungan kepada UMKM, baik melalui program NIB atau pendanaan," ujar Erick.

Pria kelahiran Jakarta tersebut menilai, UMKM sebagai soko guru perekonomian nasional memiliki peran penting, dan menghadapi tantangan resesi global pada tahun depan.

Baca juga : Gelar Pelatihan Digital, Sandination Cianjur Pastikan Ciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

BUMN sebagai sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia, sejak awal berkomitmen mendampingi dan mendorong para pelaku UMKM, untuk dapat naik kelas.

"Kita tahu, banyak isu resesi di tahun depan. Artinya, kita harus gotong-royong sama-sama. Serta memastikan pembukaan lapangan kerja, dan dukungan pembiayaan untuk UMKM. Pak Zul dan Ibu Wagub mencarikan market yang jelas buat berdagang, izin-izin dipermudah semua. Jadi, gratis. Itu yang kita lakukan," papar Erick.

Pemberian NIB merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan skala UMKM, agar dapat bergabung dalam ekosistem BUMN atau swasta yang lebih besar.

Baca juga : Erick: AS Dukung RI Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Melalui program ini, para pelaku UMKM juga mendapatkan akses untuk mengikuti sejumlah program pemberdayaan hingga program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Tantangan-tantangan ini yang harus kita atasi. Kita tidak boleh menghindar. Kalau kita sebagai sebagai pemimpin dan para menteri menghindar, rakyatnya yang susah. Jadi, kita harus atasi," pungkas Erick. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.