Dark/Light Mode

Gandeng Seniman Gelar Pameran, PKT Angkat Nilai Seni & Budaya Bontang

Jumat, 2 Desember 2022 16:16 WIB
PT Pupuk Kalimantan saat menggelar Pameran Seni Rupa Bentang Bontang: Seni Memanusiakan Industri, di Sarinah, Jakarta, Jumat (2/12). (Foto: Kartika Sari/Rakyat Merdeka)
PT Pupuk Kalimantan saat menggelar Pameran Seni Rupa Bentang Bontang: Seni Memanusiakan Industri, di Sarinah, Jakarta, Jumat (2/12). (Foto: Kartika Sari/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Terpisah, Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury menyampaikan apresiasinya atas acara ini dalam rangka menyambut HUT ke-45 PKT.

“Selamat Ulang Tahun PKT. 45 Tahun PKT berkarya, berupaya mendukung ketahanan pangan, menyuburkan negeri. Semoga PKT semakin jaya dan dapat terus memberikan kontribusi terbaik untuk Indonesia, dalam semangat kebersamaan. Stronger Together For Our Future,” ucap Pahala.

Pameran Bentang Bontang yang mengangkat tema seni memanusiakan industri menjadi fokus PKT dalam menunjukkan sisi humanis dari industri pupuk dan petrokimia.

Baca juga : Bawaslu Tangkal Hoaks Di Medsos

Dalam menghadirkan Pameran Bentang Bontang, PKT telah berkolaborasi dengan para seniman, sastrawan, dan budayawan Indonesia, yaitu salah satunya dengan mengajak seniman legendaris Indonesia Butet Kartaredjasa sebagai perupa yang terlibat dalam proses Pameran Bentang Bontang.

Dirinya mengaku sangat antusias dengan undangan PKT dalam mengajak kerja sama, yang menghadirkan nuansa humanis pada industri pupuk dan petrokimia melalui karya seni, yakni seni rupa, seni sastra, dan seni tari.

“Ada begitu banyak nilai budaya yang kami sisipkan dalam setiap mahakarya yang ditampilkan pada Pameran Bentang Bontang ini,” ungkap Butet Kartaredjasa.

Baca juga : Holding Perkebunan Gelar Awarding Night PIS 2022, Ini Daftar Pemenangnya

Menurutnya, nilai seni, budaya, dan sisi humanis itu nyatanya saling mengikat satu sama lain, sehingga dihadirkan karya yang mewakilkan makna mendalam akan ikatan ketiga hal tersebut, di mana turut menyiratkan nilai kekayaan budaya Tanah Air.

Pameran ini juga menjadi momentum peluncuran Buku Antologi Puisi: Entropi: Bontang yang menjadi awalan dalam rangkaian menyambut perayaan HUT ke-45 PKT. Pameran Bentang Bontang yang akan berlangsung dari 2-10 Desember 2022 ini akan menampilkan 108 lukisan di Galeri Mojisa, Sarinah, Jakarta Pusat dan terbuka bagi masyarakat luas.

Selain menampilkan karya seni lukisan, dan peluncuran buku puisi, PKT juga akan menyuguhkan seni tari ciri khas kebudayaan Kalimantan Timur yang dikemas dalam bentuk audio visual. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.