Dark/Light Mode

Tugaskan Kadin Gembleng Pemuda

Airlangga Ingin Rebut Ekonomi Digital ASEAN

Senin, 5 Desember 2022 06:40 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Penutupan Rapat Pimpinan Nasional Kadin 2022, Jumat (2/12). (Sumber ekon.go.id)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Penutupan Rapat Pimpinan Nasional Kadin 2022, Jumat (2/12). (Sumber ekon.go.id)

 Sebelumnya 
“Kita optimis pertumbuhan ekonomi 5,2 persen tercapai tahun ini dan 5,3 di tahun depan, sesuai dengan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (APBN). Kami sudah mewaspadai sektor tertentu yang mengalami kon­traksi dan yang ekspansif di tahun depan,” kata Airlangga.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin, Arsjad Rasjid mengata­kan, melalui Rapimnas 2022 ini, pihaknya tidak hanya meneguh­kan komitmen Satu Kadin Indo­nesia yang Inklusif, Kolaboratif, dan Progresif sebagai satu-satu­nya induk organisasi dunia usaha Indonesia dan juga mitra sejajar Pemerintah. Namun menjadi kesempatan melakukan evaluasi kinerja setahun belakangan dan merumuskan program kerja Ka­din di tahun 2023 yang selaras dengan strategi pembangunan nasional.

Baca juga : Di Rapimnas Kadin, Airlangga Dorong Pengembangan Ekonomi Digital

“Kami harapkan hasil Rapim­nas 2022 yang melibatkan selu­ruh asosiasi dan pelaku usaha dari berbagai sektor dan daerah dapat menjadi masukan untuk penyempurnaan kebijakan ke depan. Terutama dalam meningkatkan iklim investasi dan perdagangan yang lebih baik,” ujar Arsjad.

Arsjad mengatakan, visi Indo­nesia Emas 2045 dapat tercapai dengan mudah jika semua pihak bisa mengoptimalkan potensi-potensi yang ada di Indonesia.

Baca juga : Pengamat: Airlangga Hartarto Cocok Jadi Bapak Ekonomi Kerakyatan

Antara lain, pasar terbesar di ASEAN, memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) melimpah, bonus tenaga kerja produktif dan mendapatkan ke­percayaan di ajang internasional setelah sukses menyelengga­rakan Presidensi G20/ B20 November lalu.

“Kadin sebagai mitra strategis Pemerintah akan menjadi­kan oadmap Strategi 2045 salah satu program prioritas Kadin di tahun 2023,” ucap Arsjad.

Baca juga : Soal Capres KIB, Pengamat: Airlangga Sangat Realistis Dan Bermental Pejuang

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pengarah Rapimnas 2022 Kadin, Eka sastra mengungkap­kan, Rapimnas ini diikuti oleh 882 orang dari seluruh per­wakilan Kadin Daerah seluruh Indonesia yang bersama-sama merumuskan rancangan dan ke­bijakan strategis untuk program kerja mendatang.

“Seluruh rangkaian kegiatan dari Pra-Rapimnas dan Rapimnas sudah selesai. Kami mohon du­kungan dari Pemerintah sebagai mitra strategis agar Kadin men­jadi lebih kuat,” ujar Eka. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.