Dark/Light Mode

Di Ajang Nex-BE Fest, Sinergi BUMN Dan Startup Capai Rp 2,4 Triliun

Selasa, 6 Desember 2022 14:59 WIB
Agenda Business Matchmaking antara Startup dan BUMN pada event Nex-BE Fest 2022 di Bali.
Agenda Business Matchmaking antara Startup dan BUMN pada event Nex-BE Fest 2022 di Bali.

RM.id  Rakyat Merdeka - Event tahunan Nex-BE Fest 2022 yang digelar TelkomGroup kembali memecahkan rekor. Kali ini, sinergi antara startup dan BUMN ini mencapai Rp 2,4 triliun. 

Jumlah partisipan Nex-BE Fest tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 3,2x lipat, pertemuan bisnis meningkat 5,4x lipat, dan nilai sinergi yang dihasilkan meningkat 2,7x lipat dari awal penyelenggaraannya.

Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya mengatakan event tahunan ini sangat penting bersinergi antar perusahaan BUMN serta memanfaatkan kekuatan kolektif aset dan kapabilitas BUMN untuk mensupport startup-startup digital Indonesia dan  value creation pada project-project skala nasional yang ditangani oleh BUMN. 

Baca juga : Mbappe Ditawar MU Rp 2,7 Triliun

“ Event tahunan ‘Next Billion Ecosystem Festival’ (Nex-BE Fest) ini hadir untuk memberikan kepastian di masa industri teknologi penuh ketidakpastian agar potensi peningkatan digital ekonomi Indonesia tercapai dan memberikan manfaat bagi seluruh stakeholder khususnya masyarakat Indonesia,” ujar Budi dalam keterangannya Selasa (6/12).

Penyelenggaraan Nex-BE Fest 2022 juga dimeriahkan dengan malam penganugerahan bagi sinergi terbaik yang berhasil terjalin. Dua kolaborasi sinergi terbaik diraih oleh Metranet & Cakap (dalam program kolaborasi konten Kartu Prakerja) dan Telkomedika & SwipeRX (dalam program rantai pasok farmasi digital). 

Sementara itu, penghargaan The Best Synergy Performance diraih oleh tiga perusahaan BUMN  Telkomsel, Telkomsigma, dan Telkom Divisi Business & Technology, serta tiga startup Privy, SiCepat, dan Zenlayer.

Baca juga : Di Ajang Eco Run Fest, Motor Listrik Buatan Elnusa Tarik Perhatian

Hingga saat ini, jumlah investasi Telkom ke startup digital telah mencakup lebih dari 80 perusahaan dari 12 negara, dengan total komitmen aset kelolaan mencapai $830 juta atau setara dengan Rp 12 triliun melalui MDI Ventures dan TMI. 

Dalam berinvestasi, Telkom menargetkan, startup dengan future value dan synergy value yang tinggi untuk pengembangan produk-produk digital milik TelkomGroup.  

“Kami akan tetap membantu agar ada interaksi antara startup dan BUMN dan dari situ akan lahir banyak inovasi baru,” ungkap CEO MDI Ventures, Donald Wihardja.

Baca juga : ADB Dan KfW Gelontorin Modal Rp 12,81 Triliun

Pemerintah Indonesia terus mendorong BUMN dari berbagai sektor untuk menggali peluang sinergi, kolaborasi, dan inovasi dengan Startup. Hingga saat ini, baru tercatat 5 BUMN yang memiliki perpanjangan tangan modal ventura dan aktif berinvestasi di startup lokal. 

Ajang berkelanjutan seperti Nex-BE Fest diharapkan dapat mendorong perusahaan BUMN lainnya untuk memperluas pengembangan bisnisnya melalui proses sinergi dengan startup-startup yang berpotensial, agar dapat mendukung perkembangan ekonomi digital Indonesia.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.