Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

APLSI Dukung PLN Perkuat Sistem Transmisi Dan Distribusi Listrik

Senin, 5 Agustus 2019 18:08 WIB
Ilustrasi jaringan listrik PLN. (Foto: Ist)
Ilustrasi jaringan listrik PLN. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Independent Power Producer (IPP) yang tergabung dalam Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) prihatin atas kejadian pemadaman listrik massal kemarin. Ini menjadi pelajaran berharga bagi semua stakeholders kelistrikan nasional. 

“Pasti ada beberapa aspek yang harus dibenahi segera, dan kami serius agar hal ini ditangani bersama-sama,” ujar Ketua Umum APLSI Arthur Simatupang di Jakarta, Senin (5/8).

Baca juga : Pemprov DKI Pastikan Kesiapan Pengoperasian Bus Listrik

Arthur mengatakan, sebagai mitra strategis pemerintah, APLSI siap membantu PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), untuk berpartisipasi dalam mendukung pemerintah memperbaiki sistem transmisi dan distribusi kelistrikan nasional. Dalam sistem transmisi dan distribusi kelistrikan nasional ada dua hal yang perlu dicermati untuk memperkuat kehandalan, yaitu modernisasi sistem dan pemeliharaan.

“Sistem transmisi tersebut perlu dijaga untuk menjamin investasi di kelistrikan. Sebagai mitra dari PLN, kita siap bekerjasama ikut meningkatkan kehandalan sistem transmisi agar kejadian kemarin tidak terulang kembali” pungkas Arthur.

Baca juga : Sabu untuk Nunung Ditempel Pemasoknya di Tiang Listrik

Dalam kesempatan ini, APLSI juga mengklarifikasi, trigger penyebab pemadaman listrik kemarin bukan datang dari pembangkit listrik milik swasta atau IPP. Melainkan dari gangguan sistem transmisi dan distribusi serta gardu induk. 

“Jadi, kami klarifikasi, bahwa penyebab pemadaman bukan dari pembangkit milik swasta,” ucap Arthur. 

Baca juga : Pembangunan PLTSa Kepentok Fee Dan Harga Jual Listrik

Dia mengatakan, seluruh pembangkit milik IPP di Pulau Jawa beroperasi seperti biasa. Sehingga pasokan listrik ke sistem distribusi dan transmisi PLN tetap terjamin dengan baik. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.