Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Viral Soal Turis Batal Ke Indonesia Pasca RKUHP Disahkan

Pengusaha: Semoga Kabar Di Medsos Itu Cuma Hoaks

Senin, 12 Desember 2022 07:00 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menanggapi kabar pembatalan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), usai pengesahan Rancangan Undang-Undang Kitab Hukum Pidana (RKUHP) menjadi UU oleh DPR. Pelaku usaha pun berharap kabar itu cuma hoaks.

“Hingga Jumat (9/12) kemarin, tidak ada pembatalan signifikan. Jadi Alhamdulilah, kami terus pantau. Kami pastikan selalu monitor dan evaluasi,” ujar San­diaga di Jakarta, Sabtu (10/12).

Menurutnya, sebagai upaya monitoring dan evaluasi, Kemen­parekraf telah menerjunkan tim. Salah satunya di Australia, untuk melihat pergerakan booking-an wisata per jam.

Baca juga : IEB Institute: Indonesia Negara Besar Ketiga Pengekspor Ikan Hias

Selain itu, dari hasil pantauan tim Kemenparekraf, di sejumlah negara utama potensial wisman, seperti Singapura, Malaysia serta India, belum ada laporan pembatalan keberangkatan ke Indonesia per Jumat (9/12).

Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, saat ini justru ada peningkatan wisman ke Tanah Air melalui dua bandara utama, yakni Bandara Soekarno- Hatta Jakarta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

“Tapi ini masih sangat awal. Kami akan memastikan, mengkomunikasikan dan mensosialisasikan, dan saya menjamin wisatawan akan mendapatkan pengalaman yang aman, nyaman dan menyenangkan di Indonesia,” tegasnya.

Baca juga : Kiper Hennessey Diusir Wasit, Iran Bekuk Wales 2-0 Di Masa Injury Time

Sandiaga juga meminta para wisatawan, khususnya wis­man, tidak ragu berkunjung ke Indonesia meski RKUHP sudah disahkan oleh DPR.

Dia mengatakan, Pemerintah tetap berpedoman bahwa ranah privat masyarakat, termasuk wisatawan akan tetap terjamin. Dengan demikian, kenyamanan dan keamanan ranah pribadi wisatawan selama berwisata di Indonesia senantiasa terjaga.

Seperti diketahui, pasca penge­sahan RKUHP oleh DPR pada Selasa (6/12), salah satu pasalnya terdapat aturan yang berkaitan larangan kumpul kebo yang akan diproses hukum apabila ada aduan dari suami/istri bagi orang yang terikat perkawinan, atau orang tua/anaknya bagi orang yang tak terikat perkawinan.

Baca juga : PKB Bertahan, Tak Mau Cerai

Sandiaga juga akan menso­sialisasikan kepada masyarakat, khususnya para pelaku usaha di bidang wisata terkait UU KUHP yang baru.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.