Dark/Light Mode

Perkuat Sinergi Dengan BPD, BNI Akselerasi Transformasi Digital & Penetrasi Ke Pasar Global

Senin, 12 Desember 2022 21:01 WIB
Foto: Dok. BNI
Foto: Dok. BNI

 Sebelumnya 
Dengan kekuatan ini bisnis perbankan internasional BNI telah diakui secara internasional dengan prestasi meraih penghargaan dalam ajang Best Trade Finance Bank in Indonesia From Alpha South East Asia Magazine In 2010 – 2022.

Untuk memenangkan persaingan secara global, perbankan harus memperhatikan perkembangan pasar dan kebutuhan nasabah terutama dalam perdagangan internasional.

“Peran bank dalam menjembatani kebutuhan nasabah tersebut semakin dituntut sehingga jika adanya peningkatan status menjadi bank devisa diharapkan bank dapat memberikan pelayanan jasa luar negeri yang memiliki daya saing yang unggul,” kata Royke.

Baca juga : Hasil Tes Poligraf Ungkap Putri Candrawathi Berbohong

Selain itu, dengan kekuatan internasional BNI ini diharapkan juga berdampak pada pemberdayaan sektor UMKM. Untuk itulah,

BNI telah mulai membuka tujuh hub di seluruh Indonesia untuk mengakomodasi UMKM berorientasi ekspor melalui program BNI Xpora.

Selain itu BNI sedang menggalakkan UMKM yang export oriented melalui berbagai business matching dengan para potential buyer di berbagai negara. Di samping itu, BNI bisa membiayai diaspora-diaspora yang memiliki usaha di luar negeri.

Baca juga : Pertamina Resmi Gunakan Digitalisasi Terintegrasi di 8 Depot Pengisian Pesawat Udara

"Melalui BNI Xpora ini pula, kami siap mendukung para pelaku UMKM binaan BPD dengan peningkatan kapabilitas melalui melalui program edukasi, pendampingan, dan pengembangan bisnis secara berkelanjutan bagi UMKM binaan BPD," ujar Royke.

Selain itu, BNI memberikan keuntungan kepada pelakuUMKM binaan BPD dalam akses inkubasi bisnis dan BNI juga telah memiliki reputasi sebagai bank yang unggul dalam menjadi mitra perbankan di sektor korporasi.

Kekuatan ini juga menjadi potensi kolaborasi lainnya antara BNI dengan BPD untuk berpartisipasi dalam skema pembiayaan kredit sindikasi yang diinisiasi oleh BNI.

Baca juga : Manfaat Program Transformasi Perpustakaan Sejahterakan Masyarakat

Skema Sindikasi menawarkan keuntungan lebih bagi BPD antara lain, potensi memperoleh debitur baru, memperluas hubungan kerja sama antar bank peserta sindikasi dan meminimalisir risiko kredit karena analisa dan review dilakukan secara bersama-sama dengan bank lain.

“Keuntungan lainnya adalah potensi pendapatan yang diperoleh oleh BPD melalui scheme fee, commitment fee dan juga tentunya pendapatan bunga,” pungkas Royke. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.