Dark/Light Mode

Toyota Eco Youth Ajak Generasi Milenial Peduli Lingkungan

Selasa, 6 Agustus 2019 19:36 WIB
Wakil Presiden Direktur TMMIN Edward Otto Kanter (kiri), Direktur TAM Darmawan Widjaja (tengah), Direktur TMMIN Bob Azam (kedua kanan), dan Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto (kanan) berfoto bersama pemenang Toyota Eco Youth (TEY) di Kemang Village, Jakarta, kemarin. (Foto: Ist)
Wakil Presiden Direktur TMMIN Edward Otto Kanter (kiri), Direktur TAM Darmawan Widjaja (tengah), Direktur TMMIN Bob Azam (kedua kanan), dan Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto (kanan) berfoto bersama pemenang Toyota Eco Youth (TEY) di Kemang Village, Jakarta, kemarin. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Toyota Indonesia menggelar Toyota Eco Youth (TEY) ke-11. Program ini untuk mengajak generasi milenial untuk peduli lingkungan dan sekitarnya.

Penghargaan TEY yang mengambil tema Ecosociopreneur itu digelar di Kemang Village, Selasa (6/8). Hadir dalam acara itu Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Edward Otto Kanter, Direktur TMMIN Bob Azam, dan Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Darmawan Widjaja.

Wakil Presiden Direktur TMMIN Edward Otto Kanter mengatakan, sangat mengapresiasi semangat kepedulian lingkungan yang dituangkan para pelajar dalam TEY. Pihaknya berharap kedepannya program ini memberikan sumbangsih positif bagi keberlanjutan alam serta kesejahteraan masyarakat sekitar.

Baca juga : Yuk Gunakan PLTS, Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

“Kami mengucapkan selamat kepada siswa-siswi SLTA yang telah menjadi pemenang ‘TEY Awarding Ke-11 kali ini,” ujarnya.

Direktur TMMIN Bob Azam mengatakan, melalui program TEY yang telah berlangsung lebih dari 1 dekade, Toyota berusaha menjembatani potensi siswa-siswi SMA yang merupakan elemen kunci kemajuan dalam pengembangan dunia pendidikan, industri, hingga pelestarian lingkungan. “Program TEY diharapkan dapat memberikan penghargaan dan dukungan penuh atas ide-ide kreatif para pelajar yang berhasil diwujudkan menjadi suatu gebrakan maupun inovasi dalam menjaga kelestarian alam di masa yang akan datang,” ujarnya.

Direktur TAM Darmawan Widjaja mengatakan, penyelenggaraan TEY ke-11 telah mencakup seluruh provinsi di tanah air dan semakin menunjukkan tumbuhnya antusias dan kesadaran generasi muda terhada isu-isu yang dihadapi masyarakat. Di masa depan, semoga kita bersama-sama dapat terus memberikan kontribusi yang nyata bagi upaya pelestarian lingkungan Indonesia. 

Baca juga : Gandeng Bhayangkari, Pertamina Ajak Warga Balikpapan Peduli Lingkungan

“Selain itu, di masa mendatang kami juga berencana memberikan tema-tema challenge tertentu yang berkaitan dengan isu lingkungan dalam penyelenggaraan lomba TEY,” ujar Darmawan.

Dalam ajang penghargaan TEY Awarding Ke-11 ini, terdapat dua kategori dalam penilaian proyek proposal, diantaranya Science dan Social. Jumlah SMA dan SMK yang terlibat menjadi peserta mencapai 600 sekolah dengan total proposal proyek lingkungan hidup mencapai 4.000 proposal dari 34 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia. Jika diakumulasi, sejak TEY ke-1 hingga TEY ke-11 total partisipasi dalam program TEY mencakup hingga 8.500 proyek dan 2.100 sekolah.

Pada kategori Science, Juara 1 berhasil diraih oleh SMAN 5 Yogyakarta yang mengangkat tema Pemanfaatan Ekstrak Daun Pepaya dan Abu Kayu sebagai Pestisida Hama Ulat Kubis. Juara 2 diperoleh SMK Texar Karawang dengan tema Alat Pengurai Kemacetan dan Juara 3 diraih oleh SMAN 3 Merauke bertema Hydrovolot Recycle Limbah Domestik menjadi Energi Listrik 900 watt dan sebagai Water Netralisir.

Baca juga : Angkasa Pura I Dukung Edukasi & Gerakan Peduli Lingkungan Hidup 

Dalam kategori Social, Juara 1 sukses dicapai oleh SMAN 2 Semarapura (Bali) yang mengangkat tema Film Pendek Komedi Pemilihan Sampah (Filadipisah) Strategi Jitu Menggugah Kesadaran Masyarakat untuk Memilih Sampah Skala Rumah Tangga. Juara 2 diraih oleh SMAN 19 Bandung dengan tema Udunan Sampah dan Juara 3 diperoleh SMAN 1 Ambon bertema Penerapan Budaya Kalesang Kintal dan Kewang Upaya Pembangunan Karakter Siswa di Lingkungan Sekolah.

Sementara itu, pemenang Best of Best TEY Awarding Ke-11 disabet oleh SMAN 5 Yogyakarta yang juga akan menerima hadiah berupa perjalanan Eco Trip ke Jepang. Pada TEY kali ini, Toyota mengundang partisipasi dewan juri yang terdiri dari Perwakilan Dept. Fakultas Biologi, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Universitas Indonesia dan Wakil Presiden Direktur Conservation International Indonesia (CI) Prof. Jatna Supriatna, Social Media Expert & Millenials Movement Expert Yoris Sebastian, dan Perwakilan National Geographic Indonesia Didi Kaspi Kasim.

Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto mengatakan, bahwa Toyota tidak hanya fokus pada pengembangan bisnis melalui produk, teknologi, dan peningkatan layanan purna jual kepada pelanggan, namun juga mempunyai komitmen untuk turut berkontribusi demi terciptanya masyarakat dan lingkungan yang lebih baik. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.