Dark/Light Mode

BPJAMSOSTEK Cilandak Ajak Peserta Budayakan Antikorupsi

Sabtu, 10 Desember 2022 20:52 WIB
Peringatan Hakordia yang digelar BPJAMSOSTEK Cilandak. (Foto: BPJAMSOSTEK Cilandak)
Peringatan Hakordia yang digelar BPJAMSOSTEK Cilandak. (Foto: BPJAMSOSTEK Cilandak)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) diperingati pada 9 Desember, dimanfaatkan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) untuk mengajak seluruh peserta dan stakeholder menumbuhkan budaya antikorupsi. Kegiatan kampanye antikorupsi tersebut diselenggarakan secara serentak di seluruh kantor cabang BPJAMSOSTEK seluruh Indonesia dengan mengambil tema “Indonesia Pulih Bersatu Berantas Korupsi”.

Seluruh Insan BPJAMSOSTEK berkomitmen mewujudkan penerapan Sistem Management Antipenyuapan dalam rangka upaya pencegahan suap dalam bentuk apa pun sesuai dengan nilai antipenyuapan BPJS Ketenagakerjaan yakni: FIGHT (Faith, Integrity, Good Governance, Harmony, Truthful).

Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Cilandak memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) bersama peserta yang hadir. Dalam acara tersebut, pihak BPJAMSOSTEK Cilandak mengajak peserta untuk sama-sama membudayakan antikorupsi. 

Baca juga : BPJAMSOSTEK Pluit Ajak Peserta Ciptakan Budaya Antikorupsi

Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Cilandak Puspitaningsih mengatakan, setiap personel BPJAMSOSTEK sudah menyatakan sikap antikorupsinya dengan menandatangani pakta integritas. "Budaya antikorupsi selalu kami gunakan dalam pekerjaan sehari-hari," ujarnya.

Wetty, sapaan akrab Puspitaningsih, mengatakan bahwa di internalnya akan terus konsisten dengan integritas itu. Sebaliknya, untuk menjaga integritas, perlu dukungan penuh pihak eksternal, baik peserta maupun mitra.

”Contoh dukungan antikorupsi dari peserta adalah jangan pernah memberikan atau menjanjikan imbalan berupa apa pun terhadap petugas kami dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya,” kata Wetty.

Baca juga : BPJAMSOSTEK Satukan Semangat Sejahterakan Pekerja

Hal yang sama juga berlaku kepada para mitra BPJAMSOSTEK. Sebaiknya mitra menghindari pemberian hadiah kepada personel BPJAMSOSTEK. Apalagi pemberian itu terkait dengan tugas. ”Karena pemberian hadiah kepada aparat bisa masuk dalam kategori gratifikasi,” tegas Wetty. 

Menurut Wetty, jika suatu saat peserta mengetahui praktik kecurangan petugas BPJAMSOSTEK, jangan segan-segan untuk melaporkannya. BPJAMSOSTEK memiliki kanal pelaporan berupa Whistle Blowing System (WBS) untuk melaporkan perbuatan yang terindikasi pelanggaran di lingkungan BPJAMSOSTEK. Pelapor dapat mengakses kanal tersebut melalui wbs.bpjsketenagakerjaan.go.id, dengan melakukan registrasi terlebih dahulu.

Dalam kegiatan Harkodia 2022 yang dilangsungkan di Ruang Pelayanan BPJAMSOSTEK Cilandak, peserta mendapatkan sosialisasi dan penjelasan terkait pencegahan korupsi. Para peserta yang hadir juga diberikan kesempatan tanya jawab sekaligus diberikan pertanyaan kuis oleh panitia.

Baca juga : Arawinda Kirana, Tak Dipercaya Bukan Pelakor

Selain itu, karyawan BPJAMSOSTEK dan peserta menuliskan pesan antikorupsi di kertas kapsul dalam rangka memeriahkan Hakordia. Dalam kegiatan Hakordia ini, tidak hanya para insan BPJAMSOSTEK yang diajak melawan praktik korupsi kolusi dan nepotisme (KKN), tetapi para peserta dan stakeholder yang hadir juga diajak untuk berpartisipasi serta berperan menyuarakan antikorupsi.

Melalui kegiatan Harkodia ini diharapkan, BPJS Ketenagakerjaan dapat menunjukkan kepada seluruh peserta dan para steakholder bahwa BPJS ketenagakerjaan berkomitmen untuk melawan seluruh bentuk korupsi dan melakukan aksi dilingkungan BPJS Ketenagakerjaan dan bersama KPK mewujudkan tema "Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi".

”Semoga peringatan Hari Antikorupsi Sedunia ini dapat menjadi pemicu bagi BPJAMSOSTEK untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada peserta yang bebas dari segala bentuk penyimpangan. Karena membudayakan kesadaran tentang budaya antikorupsi dimulai dari diri sendiri. Agar senantiasa berkomitmen menjunjung tinggi integritas kejujuran dalam pekerjaan,” tutup Wetty.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.