Dark/Light Mode

UMKM Binaan Pertamina Disarankan Selektif Pilih Negara Tujuan Ekspor

Rabu, 14 Desember 2022 19:51 WIB
UMKM Binaan Pertamina Disarankan Selektif Pilih Negara Tujuan Ekspor

 Sebelumnya 
Arya Sinulingga mengungkapkan bahwa Kementerian BUMN mendorong RB yang ada di 248 kabupaten maupun kota di seluruh Indonesia untuk membantu memberikan pelatihan bagi UMKM.

Dia sangat memahami bahwa UMKM memiliki kendala dalam pendanaan maupun pembinaan.

Kementerian BUMN mengambil langkah mengaktifkan RB untuk mengajak para UMKM masuk ke e-commerce.

Baca juga : Kuasa Hukum LCW Sebut Kliennya Tak Pernah Usulkan Revisi Persetujuan Ekspor CPO

"Kami berharap di akhir 2022 ini semua RB sudah memiliki office store sendiri. Jadi, ketika ada momen tertentu seperti HUT Pertamina, bisa dijadikan ajang promosi dengan memberikan promo diskon atau flash sale untuk menarik minat konsumen,” katanya.

Fajriyah Usman menjelaskan bahwa saat ini Pertamina tengah bekerjasama dengan beberapa lembaga ekspor seperti Exporhub, Indonesian Diaspora SME-SMI Export Empowerment & Development (ID-SEED) dan Global Edukasi Talenta Inkubator (GETI Inkubator) yang merupakan lembaga yang berafiliasi dengan asosiasi-asosiasi eksportir Indonesai serta andalan ekspor Indonesia.

“Kami harapkan jumlah dari UMKM binaan Pertamina maupun UMKM RB yang go global akan semakin meningkat,” ujarnya.

Baca juga : Midea Donasikan Ratusan Perangkat Elektronik Bagi Korban Gempa Cianjur

Hingga saat ini, kata Fajriyah, tercatat sekitar 424 UKM RB yang sudah masuk kategori go global dan telah memiliki kemampuan unntuk memasarkan produknya hingga ke luar negeri.

Menurut dia, hal ini tidak hanya menambah keuntungan bagi pelaku UMKM tetapi juga memberikan dampak terhadap perekonomian nasional.

“Melalui Rumah BUMN, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan.

Baca juga : Ini 28 Pemain Yang Disiapkan Untuk Piala AFF 2022

Pertamina juga senantiasa mendukung pencapaian SDGs melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya,” kata dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.