Dark/Light Mode

BRILianpreneur Diikuti 40 Buyers

Sunarso Bidik Kontrak Ekspor Rp 1,17 Triliun

Jumat, 16 Desember 2022 07:30 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto: BRI).
Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto: BRI).

 Sebelumnya 
Mantan bos Pegadaian ini menegaskan, bangkitnya UMKM diharapkan memperbanyak penyediaan lapangan kerja. Dan, sejauh ini 97 persen lapangan pekerjaan terserap dari segmen UMKM. Untuk itu, sangat penting mengembangkan UMKM demi menciptakan lapangan kerja baru.

“UMKM itu sebenarnya bukan hanya memperbaiki neraca perdagangan maupun neraca pembayaran, tetapi memperbaiki neraca jam kerja. Satu nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI mempekerjakan 3 orang, di BRI ada 20 juta penerima KUR, berarti sudah 60 juta lebih lapangan kerja tersedia,” bebernya.

Karena itu, Sunarso menegaskan, BRILianpreneur menjadi salah satu upaya BRI dalam kontribusinya mensejahterakan rakyat melalui pengembangan UMKM.

Baca juga : BRILianpreneur Raih Nilai Kontrak Rp 1,2 T, BRI Dukung UMKM Go Global

Di kesempatan yang sama, Menteri Teten optimistis target kontribusi ekspor produk UMKM Indonesia tahun 2024 menembus 17 persen, di mana saat ini baru menyentuh angka 15 persen.

Untuk itu, pihaknya menyambut baik upaya dari berbagai pihak yang turut mendorong kontribusi ekspor UMKM terus meningkat.

Salah satunya melalui event yang digelar BRI, yang diharapkan kontribusi ekspor UMKM bisa mencapai target Pemerintah tahun 2024.

Baca juga : Transformasi BUMN Sukses, ADB Suntik Dana Rp 7,84 Triliun

“Hari ini ekspor produk UMKM kita baru 15,65 persen, masih rendah jika dibandingkan dengan Korea Selatan sebesar 19,7 persen, Malaysia 17,3 persen dan Thailand sebesar 28,7 persen,” ucap Teten.

Karena itu, Menkop mengapresiasi capaian business matching antara UMKM dan buyer di BRILianpreneur per Kamis (15/12), yang sudah menyentuh kontrak bisnis di angka Rp 1,2 triliun.

Ia menyakini, angka tersebut akan terus naik hingga berakhirnya gelaran event BRILianpreneur.

Baca juga : Kemenag Sudah Cairkan Dana BOS Madrasah Rp 1,1 Triliun

“Saya dukung penuh BRILianpreneur. Dan mengajak masyarakat menggunakan produk lokal untuk bangkit bersama,” ucap Teten.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menambahkan, acara BRILianpreneur selaras dengan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), yang mengajak seluruh masyarakat menggunakan produk lokal dari UMKM.

“Dengan semakin tingginya kesadaran menggunakan produk lokal, kita yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia masih bisa tumbuh di atas 5 persen,” tutup Sandiaga. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.