Dark/Light Mode

Cek Proyek LRT Jabodebek Dan Stasiun Manggarai

Jokowi Puji Kereta Tanpa Masinis, Cepat Dan Nyaman

Selasa, 27 Desember 2022 06:35 WIB
Presiden Jokowi meninjau stasiun lintas rel terpadu (LRT) Taman Mini Indonesia Indah (TMII), senin (26/12/2022). (Foto: BPMI)
Presiden Jokowi meninjau stasiun lintas rel terpadu (LRT) Taman Mini Indonesia Indah (TMII), senin (26/12/2022). (Foto: BPMI)

 Sebelumnya 
Pengembangan stasiun ini sangat penting untuk meningkat­kan efisiensi dan headway per­jalanan kereta api. Selain itu, meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas masyarakat dari Ja­karta ke kota-kota penyangga, dan sebaliknya.

Jokowi memastikan, Pemerintah akan terus membangun dan mengembangkan infrastruk­tur perkeretaapian. Khusus Manggarai, akan dilanjutkan pengembangan ke tahap ll dan lll. Proyek ini ditargetkan ram­pung pada 2024 dan 2025.

Budi Karya Sumadi menam­bahkan, saat ini LRT Jabode­bek sudah dalam tahap pengu­jian sistem driverless (tanpa masinis).

Baca juga : Menhub Target Solo Bebas Macet Dan Cegah Kecelakaan

“Ini menggunakan teknologi tinggi, saya minta uji coba di­lakukan dengan baik untuk memastikan aspek keselamatan sudah terpenuhi. Sebelum nanti dioperasikan, insya Allah pertengahan 2023,” ujarnya.

BKS-sapaan akrab Budi Karya Sumadi, mengungkapkan, LRT Jabodebek dapat menampung hingga 700 penumpang dan rata-rata frekuensi kereta per hari sebanyak 400 perjalanan.

Selain itu, sudah terintegrasi dengan moda transportasi lain, yakni Trans Jakarta dan Jaklingko, Trans Patriot, KRL, Kereta Bandara Soekarno-Hatta dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Baca juga : Bertemu Presiden Dewan Eropa, Jokowi Bahas Krisis Pangan Dan Energi

Untuk Manggarai, BKS mengatakan, pembangunannya terus dilakukan.

Eks Dirut Angkasa Pura ll itu juga mengaku akan segera mem­bangun stasiun baru di dekat Stasiun Tanah Abang.

Menurutnya, pembangunan stasiun dan lintasan baru ini akan membuat mobilitas penumpang dan KRL semakin efisien. Dengan begitu, penumpang di Stasiun Tanah Abang bisa lebih nyaman tanpa harus berdesak-desakan. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.