Dark/Light Mode

Dukung Industri Healtcare, Kimia Farma Lakukan Pengalihan Saham Anak Usaha

Jumat, 30 Desember 2022 20:38 WIB
Foto: Dok Kimia Farma
Foto: Dok Kimia Farma

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka pengembangan industri healthcare di Indonesia, PT Kimia Farma Tbk (KAEF) melakukan pengalihan saham anak usahanya PT Kimia Farma Apotek (KFA).

Hal ini dituangkan melalui penandatanganan Akta Jual Beli Saham KFA yang dimiliki KAEF dengan para investor di Jakarta, 27 Desember 2022.

Baca juga : Ditopang Industri Bahan Kimia, Level Ekspansi IKI Desember Naik

Para investor yang terlibat yaitu PT Akar Investasi Indonesia (AII) yang merupakan anak perusahan Indonesia Investment Authority (INA) dan CIZJ Limited (CIZJ) yang merupakan anak perusahaan Silk Road Fund Co., Ltd.

Penandatanganan akta jual beli ini merupakan lanjutan dari acara penandatangan Conditional Share Subscription and Purchase Agreement pada 13 November 2022 lalu.

Baca juga : Libur Tahun Baru, Kimia Farma Express Penuhi Kebutuhan Kesehatan Traveller Di 9 Lokasi

Acara tersebut dihadiri Direktur Utama KAEF, Bapak David Utama, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko KAEF, Ibu Lina Sari, jajaran Direksi KFA, serta dari INA, AII, SRF dan CIZJ. KAEF telah melakukan kesepakatan dengan AII dan CIZJ untuk berinvestasi pada KFA secara langsung dengan nilai sebesar Rp 1, 86 triliun melalui pengambilalihan sebagian saham KFA milik KAEF senilai Rp 460 miliar dan pengambilan saham baru KFA dengan nilai Rp 1.4 triliun untuk mendukung modal kerja dan pengembangan bisnis dimana KFA akan melakukan pengembangan usaha kedepan melalui New Bussiness Model with Digitalization, dengan melakukan kombinasi offline dan online store dengan strategi omnichannel, integrasi ApotekKlinik-Lab Diagnostika, serta New Digital Channel.

Saat ini, jumlah outlet existing yang dimiliki adalah sebanyak 1.195 apotek, 410 klinik dan 72 laboratorium klinik yang tersebar di seluruh Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.