Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diminati Warga, Kereta Panoramic Angkut 1.613 Penumpang Selama Nataru

Kamis, 5 Januari 2023 16:36 WIB
Diminati Warga, Kereta Panoramic Angkut 1.613 Penumpang Selama Nataru

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak diluncurkan animo masyarakat naik kereta Panoramic meningkat tajam selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Selama 12 hari dioperasikan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) melayani 1.613 pelanggan Kereta Panoramic. Masyarakat sangat tertarik mencoba layanan terbaru KAI ini, di mana rata-rata okupansi Kereta Panoramic sejak awal dioperasikan mencapai 85% per hari.

Baca juga : Polri Catat Volume Kendaraan Naik Jelang Libur Nataru

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan, pada masa soft launching ini, antusiasme masyarakat terhadap Kereta Panoramic sangat tinggi. Kereta ini  dirangkaikan dengan KA Taksaka Tambahan relasi Gambir - Yogyakarta pp. Jenis kereta ini merupakan yang pertama kali ada di Indonesia. 

Ia menuturkan, beberapa hari pertama dioperasikannya Kereta Panoramic, okupansinya berada di sekitar 70%. Kemudian sejak 28 Desember, okupansinya meningkat menjadi rata-rata di 95% per hari. Tanggal perjalanan dengan volume tertinggi Kereta Panoramic terjadi pada 29 Desember 2022. Pada tanggal tersebut, KAI melayani total 161 pelanggan kereta panoramic pada 4 perjalanan KA dengan rata-rata okupansi sebesar 100%.

Baca juga : Pemerintah Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman Selama Nataru 2023

“KAI menyampaikan apresiasi kepada seluruh pelanggan yang telah memanfaatkan Kereta Panoramic sebagai pilihan dalam bertransportasi. Melihat pemandangan alam yang indah melalui jendela kereta panoramic yang sangat besar, menjadi salah satu nilai tambah bepergian menggunakan kereta panoramic ini,” kata Joni dikutip Kamis (5/1).

Kereta Panoramic merupakan kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama di sepanjang perjalanan. Pelanggan tidak perlu ragu untuk naik Kereta Panoramic karena kaca Kereta Panoramic didesain khusus untuk tahan pecahan dan panas.
 
Kaca Kereta Panoramic menggunakan tipe duplex tempered. Jika kaca terkena benda asing tidak akan membahayakan penumpang yang di dalam karena kaca tersebut tidak mudah berlubang. Jika kaca mengalami tekanan kuat, bentuknya hanya berupa retakan sehingga aman bagi penumpang.
 
Kaca tipe ini juga dapat menahan panas cahaya dari luar sehingga penumpang tidak akan merasakan silau dan panas. Kereta juga didukung dengan AC dengan kapasitas khusus untuk pengaturan suhu yang optimal.

Baca juga : Stok Batubara Aman, PLN Pastikan Operasional PLTU Suralaya Selama Libur Nataru

Saat ini, pengelolaan Kereta Panoramic dilakukan oleh anak usaha KAI, yaitu KAI Wisata. Ke depan, info terbaru terkait pengoperasian Kereta Panoramic setelah masa Nataru dapat dipantau melalui media sosial KAI Wisata di Instagram, Tiktok, dan Youtube.
 
“KAI group akan terus melakukan evaluasi pada berbagai layanan kereta Panoramic agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi seluruh pelanggan,” tutup Joni.
 
Sebagai informasi, sampai dengan 5 Januari 2023, total tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual untuk masa Angkutan Nataru sebanyak 2 juta tiket atau sekitar 87% dari kapasitas yang KAI sediakan sebanyak 2,4 juta tempat duduk.
 
Adapun selama 14 hari berlangsungnya masa Nataru, yaitu 22 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023, KAI telah memberangkatkan 1.845.438 pelanggan KA Jarak Jauh dengan rata-rata okupansi mencapai 99%.
 
Relasi favorit pada Nataru, yaitu Jakarta-Yogyakarta pp, Jakarta-Solo pp, Jakarta- Surabaya pp, Jakarta-Purwokerto pp, Bandung-Surabaya pp, Yogyakarta-Surabaya pp, Yogyakarta-Banyuwangi pp, dan lainnya. Adapun tanggal keberangkatan favorit untuk arus mudik yaitu pada 23 Desember 2022, sedangkan untuk arus balik pada keberangkatan 1 Januari 202. ■

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.