Dark/Light Mode

Right Issue Berjalan Mulus

Kinerja Ciamik BTN Betot Minat Investor

Senin, 9 Januari 2023 07:30 WIB
(Foto: Humas Bank BTN)
(Foto: Humas Bank BTN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Right issue PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN, berjalan sukses. Hal ini cermin kepercayaan dan optimistis investor terhadap kinerja bank pelat merah tersebut.

Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau right issue BTN mengalami over­subscribed sebesar 1,6 kali. Dengan aksi korporasi tersebut, BTN berhasil meraup dana segar sebesar Rp 4,13 triliun.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, hasil right issue akan memperkuat permodalan bank dengan bisnis inti kredit properti ini. Dengan penam­bahan modal tersebut, bank dengan kode BBTN ini dapat melipatgandakan kemampuan pembiayaan perumahan.

Baca juga : Kudu Berdasar Kinerja, Bukan Karena Desakan

Sebelumnya, dalam 5 tahun terakhir, BTN mampu menyalur­kan kredit perumahan pada 800 ribu unit properti. Setelah adanya penambahan modal, BTN diperkirakan dapat membiayai hingga 1,32 juta unit rumah.

“Oversubscribed right issue BBTN merupakan bukti keper­cayaan publik pada masa depan bank,” kata Erick di Sumatera Utara (Sumut), Jumat (6/1).

Mantan bos Inter Milan ini mengatakan, sumber dana dari right issue juga menunjukkan kualitas permodalan BBTN menjadi semakin tinggi. Karena bank ini tidak menggantungkan diri pada utang.

Baca juga : BSI Bakal Makin Lincah Ekspansi

“Dengan demikian, BBTN semakin sehat dan semakin memiliki energi untuk terus ekspansi,” ujar Erick.

Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo mengatakan, hasil right issue itu patut di­syukuri.

“Kami sangat bersyukur, proses rights issue BTN ber­jalan lancar. Jumlah permintaan yang masuk juga sangat tinggi,” ungkapnya

Baca juga : Catatkan Kinerja Ciamik, Laba GTSI Melejit

Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah, pemegang saham publik dan stakehold­er lainnya atas dukungannya kepada proses right issue perse­roan, sehingga berjalan lancar dan sukses.

“Kelebihan permintaan right issue BTN merupakan kepercayaan yang besar dari para pemegang saham BTN terhadap kinerja perseroan,” ujar Haru.

Untuk itu, sambungnya, per­seroan akan menjaga keper­cayaan dari pemegang saham dengan menghasilkan kinerja yang terus bertumbuh positif dan berkelanjutan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.