Dark/Light Mode
BREAKINGNEWS
RM.id Rakyat Merdeka - Pelaku e-commerce optimistis belanja online tetap tinggi meskipun Pemerintah telah mencabut status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Mereka mengaku sudah memiliki data dan trik untuk menggaet konsumen.
Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menegaskan, pihaknya mendukung kebijakan Pemerintah yang berpihak pada pertumbuhan ekonomi nasional.
“Dibukanya PPKM akan memberikan kesempatan bagi para pebisnis baru di Indonesia. Terutama UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) lokal untuk memulai dan mengembangkan usaha,” kata Ekhel kepada Rakyat Merdeka, kemarin.
Baca juga : Pariwisata Lebih Bergairah
Seiring dengan hal tersebut, Tokopedia terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem dengan mendorong pertumbuhan bisnis yang konsisten dan berkelanjutan. Salah satunya dengan mengutamakan strategi pemasaran yang lebih optimal, efisien dan relevan.
“Kami terus beradaptasi guna menjawab berbagai kebutuhan pengguna. Baik pembeli maupun penjual dan mitra strategis lain, yang terus berubah seiring berjalannya waktu,” ungkapnya.
Ekhel mengatakan, pihaknya tidak bisa berspekulasi terhadap tren belanja tahun ini. Namun begitu, Tokopedia tetap optimistis lewat beragam inisiatif selama 2022. Tokopedia telah mencatat beberapa temuan menarik seputar tren belanja masyarakat. Di antaranya minat belanja pada kategori rumah tangga, makanan dan minuman, kesehatan, elektronik dan fesyen. Semua kategori itu terpopuler pada 2022. Transaksi lewat Program Dilayani Tokopedia juga meningkat 2,5 kali lipat. Produk seperti popok anak, sembako dan detergen paling banyak dibeli lewat dilayani Tokopedia.
Baca juga : PPKM Dicabut, Ganjar Ingatkan Warga Tetap Kontrol Diri
Bahkan transaksi live shopping di Tokopedia Play meningkat hingga 2,5 kali lipat. Kemudian penjualan voucher makanan di Tokopedia meningkat hingga 6,5 kali lipat. Di mana pengguna yang memanfaatkan Tokopedia NOW! meningkat lebih dari 10 kali lipat.
Produk beras, telur ayam, mie instan dan roti menjadi produk yang paling laris lewat Tokopedia NOW!
“Kami mencatat pengguna Tokopedia Affiliate meningkat lebih dari 11 kali lipat. Sedangkan penjualan tiket event naik lebih dari 15 kali lipat,” sebutnya.
Baca juga : PPKM Dicabut, Jokowi Minta Masyarakat Tetap Pakai Masker
Tak hanya itu, demi mengakomodir antusiasme masyarakat di tahun ini, Tokopedia terus menghadirkan berbagai promo setiap hari guna membantu masyarakat berbelanja berbagai kebutuhan dengan lebih efisien. Sekaligus menjaga kelangsungan bisnis para pelaku UMKM dan mendorong pemulihan ekonomi nasional.
Selanjutnya
Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News
Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Tags :
Berita Lainnya