Dark/Light Mode

Pasca PPKM Dicabut

E-Commerce Tetap Moncer

Jumat, 13 Januari 2023 07:30 WIB
Ilustrasi. (Foto: Dok. Tokopedia).
Ilustrasi. (Foto: Dok. Tokopedia).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaku e-commerce optimistis belanja online tetap tinggi meskipun Pemerintah telah mencabut status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Mereka mengaku sudah memiliki data dan trik untuk menggaet konsumen.

Head of External Communica­tions Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menegaskan, pihaknya mendukung kebijakan Pemerin­tah yang berpihak pada pertum­buhan ekonomi nasional.

“Dibukanya PPKM akan memberikan kesempatan bagi para pebisnis baru di Indonesia. Terutama UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) lokal untuk memulai dan mengem­bangkan usaha,” kata Ekhel ke­pada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Pariwisata Lebih Bergairah

Seiring dengan hal tersebut, Tokopedia terus bertransfor­masi menjadi Super Ecosystem dengan mendorong pertumbuhan bisnis yang konsisten dan berkelanjutan. Salah satunya dengan mengutamakan strategi pemasaran yang lebih optimal, efisien dan relevan.

“Kami terus beradaptasi guna menjawab berbagai kebu­tuhan pengguna. Baik pembeli maupun penjual dan mitra strategis lain, yang terus berubah seiring berjalannya waktu,” ungkapnya.

Ekhel mengatakan, pihaknya tidak bisa berspekulasi terhadap tren belanja tahun ini. Namun be­gitu, Tokopedia tetap optimistis lewat beragam inisiatif selama 2022. Tokopedia telah mencatat beberapa temuan menarik sepu­tar tren belanja masyarakat. Di antaranya minat belanja pada kategori rumah tangga, makanan dan minuman, kesehatan, elektronik dan fesyen. Semua kategori itu terpopuler pada 2022. Transaksi lewat Program Dilayani Tokopedia juga menin­gkat 2,5 kali lipat. Produk seperti popok anak, sembako dan deter­gen paling banyak dibeli lewat dilayani Tokopedia.

Baca juga : PPKM Dicabut, Ganjar Ingatkan Warga Tetap Kontrol Diri

Bahkan transaksi live shop­ping di Tokopedia Play mening­kat hingga 2,5 kali lipat. Kemudi­an penjualan voucher makanan di Tokopedia meningkat hingga 6,5 kali lipat. Di mana pengguna yang memanfaatkan Tokopedia NOW! meningkat lebih dari 10 kali lipat.

Produk beras, telur ayam, mie instan dan roti menjadi produk yang paling laris lewat Tokope­dia NOW!

“Kami mencatat pengguna Tokopedia Affiliate meningkat lebih dari 11 kali lipat. Sedangkan penjualan tiket event naik lebih dari 15 kali lipat,” sebutnya.

Baca juga : PPKM Dicabut, Jokowi Minta Masyarakat Tetap Pakai Masker

Tak hanya itu, demi menga­komodir antusiasme masyarakat di tahun ini, Tokopedia terus menghadirkan berbagai promo setiap hari guna membantu masyarakat berbelanja berbagai kebutuhan dengan lebih efisien. Sekaligus menjaga kelangsungan bisnis para pelaku UMKM dan mendorong pemulihan ekonomi nasional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.