Dark/Light Mode

Awal Tahun, Petani DMPA Sukses Panen Raya Tomat Dan Jagung

Senin, 16 Januari 2023 15:00 WIB
Petani binaan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) panen tomat. (Foto: Ist)
Petani binaan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) panen tomat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Awal tahun 2023, Kelompok Tani Sumber Rezeki Desa Manuggal Daya Kec. Sebulu sukses melakukan panen raya tomat dan jagung.

Mereka berhasil memanen 15 ton tomat dengan harga jual Rp 9000 rupiah per kg. Sedangkan jagung, mereka memanen sebanyak 40 karung dengan harga jual Rp 300.000 rupiah per karung. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari peran pendampingan dan bantuan modal PT Surya Hutani Jaya melalui program Desa Makmur Peduli Api (DMPA).

“Saya ucapkan terima kasih dengan adanya program Desa Makmur Peduli Api ini, sehingga dapat sukses melakukan panen raya tomat dan jagung. Melalui program ini saya dan para petani telah terbantu dalam perekonomian keluarga. Kedepannya, diharapkan program ini terus berjalan dan terus memberikan bantuan kemudahan mencari bibit tanaman, obat-obat tanaman serta perbaikan jalan.” ujar Saiful ketua kelompok Tani Sumber Rezeki Desa Manunggal Daya, Senin (16/1).

Baca juga : Bapanas Stop Impor Beras Bulan Depan

Ucapan terima kasih dari para petani atas program DMPA ini yang merupakan program Desa Binaan oleh HTI melalui PT Surya Hutani Jaya. Program ini telah membantu perekonomian para petani dan membina warga masyarakat di sekitar wilayah hutan konsesi rawan kebakaran. 

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kepala Desa Manunggal Daya, Mas’ud, keberhasilan para petani dalam melakukan  panen raya tidak lepas dari bantuan oleh perusahaan melalui pelatihan dan bantuan dana untuk para petani Desa Manunggal Daya sendiri.

“Program DMPA ini sangat membantu sekali kepada masyarakat, karena segala sesuatu jika ditekuni akan menghasilkan dan membawa buah. Kebetulan masyarakat kami sangat berpotensi dalam melakukan pertanian seperti holtikultura ini. Mudah-mudahan kedepannya nanti, masih banyak lagi yang dilakukan atau hal-hal support dari perusahaan sehingga petani kami mayoritas selain sawah padi juga holtikultura. Kami berterimakasih kepada semua unsur yang sudah membantu masyarakat kami.” ujar Mas’ud.

Baca juga : Jurnalis RM Pemenang AMA Kebanjiran Ucapan Selamat

Regional Plantation Head PT Surya Hutani Jaya Region Kalimantan Timur, Syaifudin Ansori mengatakan, salah satu tujuan program DMPA ini adalah bersama-sama masyarakat mencegah terjadinya api pada kawasan desa sekitar konsesi. Salah satu langkah yang dilakukan yaitu dengan merealisasikan program-program yang real untuk masyarakat sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat langsung dari program ini.

“Dalam mewujudkan tujuan pencegahan terjadinya api, melalui program DMPA di setiap desa diharapkan dapat membantu masyarakat dengan bukti terealisasinya program-program untuk desa binaan ini. Salah satu bentuk terealisasinya program ini, hari ini telah sukses dilaksanakan panen raya tomat sebanyak 15 ton dan 40 karung jagung oleh kelompok tani Sumber Rezeki Desa Manunggal Daya. Dengan keberhasilan program ini, akan dijadikan contoh dalam bentuk program-program bergulir untuk kelompok-kelompok tani lain di kawasan desa sekitar konsesi PT Surya Hutani Jaya.” ungkapnya.

Kepala Program DMPA, Amiruddin Lindrang, mengatakan, Program Desa Makmur Peduli Api ini merupakan program nasional di PT Surya Hutani Jaya untuk melakukan upaya-upaya pencegahan pada area-area yang berpotensi terbakar. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan merubah pola pikir masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Inisiatif yang kita berikan yaitu dengan mendanai, membina dan  membiayai kegiatan DMPA ini. 

Baca juga : Relawan Gus-Gus Pendukung Ganjar Renovasi MCK Pondok Pesantren Di Tulungagung

“Kami akan terus melakukan evaluasi dan pengembangan dengan memperbesar program sesuai dengan potensi dan kemampuan yang ada disekitar desa binaan. Diharapkan program ini dapat berkelanjutan dan tercapai target zero fire seperti dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.” ungkapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.