Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diresmikan Presiden Jokowi, Bendungan Hasil Desain Indra Karya Atasi Banjir Di Manado

Jumat, 20 Januari 2023 08:04 WIB
Presiden Jokowi (kedua kiri) saat meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa, Sulawesi Utara, Kamis (19/1). (Foto: Dok. Indra Karya)
Presiden Jokowi (kedua kiri) saat meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa, Sulawesi Utara, Kamis (19/1). (Foto: Dok. Indra Karya)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan bendungan yang didesain PT Indra Karya (Persero), yaitu Bendungan Kuwil Kawangkoan, yang berada di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), pada Kamis (19/1).

Peresmian ditandai dengan menekan tombol sirine oleh jajaran pejabat yang hadir, yaitu Presiden Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono, Direktur Jendral SDA (Sumber Daya Alam) Kementerian PUPR Jarot Widyoko.

Baca juga : Presiden Resmikan Bendungan Senilai Rp 1,9 Triliun di Sulawesi Utara

Hadir pula Direktur Bendungan dan Danau Ditjen (Direktorat Jenderal) SDA Kementerian PUPR Airlangga Mardjono, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Bupati Minahasa Utara Joune J.E Ganda. Serta, Walikota Manado Andrei Angouw dan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I I Komang Sudana.

Direktur Bendungan dan Danau Ditjen SDA Kementerian PUPR, yang juga Komisaris Utama Indra Karya Airlangga Mardjono mengatakan, bendungan Kuwil Kawangkoan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun sejak Agustus 2016 dan peresmian dilakukan setelah dilaksanakan pengisian awal (impounding), pada 25 November 2022 dan telah dinyatakan layak.

Baca juga : Satu Kaki Sandi Diikat Prabowo

Bendungan ini, kata Airlangga, memiliki kapasitas tampung 26 juta m3 (meter kubik) dan luas genangan 157 hektar (ha).

"Saya berharap, dengan pembangunan bendungan ini, kita semua mampu untuk menjaga sumber air. Sehingga, sumber daya air bisa dimanfaatkan masyarakat dan berkelanjutan,” ujarnya, melalui siaran pers, Jumat (20/1).

Baca juga : Dituntut 8 Tahun Penjara, Lengan Kemeja Kuat Maruf Banjir Usapan Air Mata

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama Indra Karya Gok Ari Joso Simamora mengaku, perjalanan proyek ini tidak terlepas dari konsistensi dan peran serta kapasitas masing-masing pihak, melalui kolaborasi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) antara kontraktor dan konsultan BUMN.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.