Dark/Light Mode

Diresmikan Presiden Jokowi, Bendungan Hasil Desain Indra Karya Atasi Banjir Di Manado

Jumat, 20 Januari 2023 08:04 WIB
Presiden Jokowi (kedua kiri) saat meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa, Sulawesi Utara, Kamis (19/1). (Foto: Dok. Indra Karya)
Presiden Jokowi (kedua kiri) saat meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa, Sulawesi Utara, Kamis (19/1). (Foto: Dok. Indra Karya)

 Sebelumnya 
Sesuai laporan beberapa pihak yang ikut serta dalam proyek ini, yakni PT Wijaya Karya (Persero), PT Nindya Karya (Persero) KSO (Kerja Sama Operasi) selaku Kontraktor dan Indra Karya bersama PT Maxitech Utama, PT Mutiara Gading Perkasa KSO sebagai Konsultan Supervisi, bertugas menjaga kualitas dari pelaksanaan pekerjaan melalui pengawasan di lapangan.

“Kami sebagai Konsultan Supervisi melaksanakan peran pengawasan di lapangan pada proyek Bendungan Kuwil Kawangkoan ini," ujar Gok Ari.

Sebelum dilaksanakan kegiatan peresmian, perseroan melalui Divisi Engineering II telah melakukan persiapan teknis intensif yang meliputi evaluasi pelaksanaan konstruksi, laporan penyiapan daerah genangan.

Baca juga : Presiden Resmikan Bendungan Senilai Rp 1,9 Triliun di Sulawesi Utara

"Sertifikasi pengisian awal waduk dan penyiapan laporan pedoman OP (Operasi dan Pemeliharaan),” katanya.

Lebih lanjut Gok Ari menjelaskan, pelaksanaan pekerjaan ini tidak pernah dihentikan selama pandemi Covid-19, dengan tetap mengedepankan protokol penanganan Covid-19 yang sangat ketat.

“Kami akan terus menjalani komitmen, untuk berkontribusi dalam kegiatan percepatan pembangunan PSN) lainnya, sesuai dengan nawacita Pemerintah khususnya di sektor Sumber Daya Air,” ujarnya.

Baca juga : Satu Kaki Sandi Diikat Prabowo

Ia menambahkan, bendungan tipe urugan zona dengan inti di tengah ini, terdiri dari zona inti lempung, zona filter halus, zona filter kasar, zona batu dan zona rip rap.

"Semua ini diproyeksikan dapat memberikan banyak manfaat pada ketahanan sumber daya air, bagi masyarakat Minahasa Utara," ungkapnya.

Menurutnya, manfaat yang dihasilkan Bendungan Kuwil Kawangkoan yakni mengatasi masalah banjir di Kota Manado dan sekitarnya, untuk debit banjir Q50 dengan reduksi sebesar 25 persen, atau sebesar 146,6 m3 per detik dengan konsep early release.

Baca juga : Dituntut 8 Tahun Penjara, Lengan Kemeja Kuat Maruf Banjir Usapan Air Mata

"Proyek ini, bagian dari antisipasi pengendalian banjir Kota Manado dan sekitarnya, karena pada 2014 pernah terjadi banjir bandang," tegas Gok Ari. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.