Dark/Light Mode

Rekonsolidasi Strategi Kebudayaan Nasional (36)

Pengalaman Amerika Serikat (2)

Rabu, 18 Januari 2023 06:19 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Hal-hal yang positif di negara-negara lain di dalam membina dan merawat kebudayaan nasional dan peradaban mereka perlu kita pelajari. Setidaknya AS memiliki enam tahap hingga menjadi sebuah negara konfederasi. Mulai dari tahun 1775 muncul pemberontakan yang menghendaki kemerdekaan.

Setahun berikutnya tahun 1776 Amerika berhasil meraih kemerdekaan dari Kerajaan Britania Raya, tahun 1783 tampil Jenderal George Washington menggalang perdamaian hingga terbentuk 13 negara bagian. Tahun 1789 terwujud pemerintah federal Amerika Serikat dengan menampilkan George Washington sebagai Presiden pertama AS.

Baca juga : Pengalaman Amerika Serikat (1)

Setelah tahun 1850 pemerintahan AS semakin kuat dengan terbebaskannya para budak di bawah pengaruh besar Abraham Lincoln membuat sebelas negara budak melepaskan diri dan mendirikan Konfederasi pada tahun 1861.

Perjalanan Panjang AS dari 13 koloni sampai bergabung menjadi 50 negara bagian ditambah satu distrik ibukota, Washington DC dan lima daerah territorial yang dihuni orang-orang Amerika yaitu Samoa, Guam, Kepulauan Marianna Utara, Puerto Rico, dan Kepulauan Virgin.

Baca juga : Mencermati Isu Pribumisasi Islam

Salah satu simbol pemersatu dan paling berwibawa di negara AS ialah lambang negaranya. Sama dengan negara kita juga memiliki lambang Garuda sebagai simbol pemersatu bangsa Indonesia. Di dalam garis-garis lingkaran bundar lambang AS terdapat gambar elang membentangkan kedua sayapnya sambil menggigit sebuah pita bertuliskan E Pluribus Unum.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.