Dark/Light Mode

Rekonsolidasi Strategi Kebudayaan Nasional (37)

Pengalaman Amerika Serikat (3)

Kamis, 19 Januari 2023 06:11 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Setiap negara mempunyai simbol dan ikrar kesetiaan yang dijunjung tinggi bagi setiap warganya. Indonesia juga memiliki simbol-simbol kebanggaan negara seperti NKRI, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika.

AS serikat juga sama, mereka juga memiliki Ikrar Kesetiaan Kebangsaan (The Pledge of Allegiance), yaitu: “I pledge allegiance to the Flag of the United States of America, and to the Republic for which it stands, one Nation under God, indivisible, with liberty and justice for all”. (“Saya berjanji setia kepada Bendera Amerika Serikat, dan kepada Republik tempatnya ditegakkan, satu Bangsa di bawah Tuhan, tak terpisahkan, dengan kebebasan dan keadilan untuk semua).

Baca juga : Pengalaman Amerika Serikat (2)

Kata ”under God” mulai ditambahkan pada tanggal 12 Februari 1948, yang pertama kali disarankan oleh Louis Albert Bowman, seorang pengacara dari Illinois dengan alasan menyesuaikan semangat Gettysburg Lincoln.

Penambahan kata itu semula memang agak kontroversi, apakah itu konstitusional atau tidak. Ada sejumlah pertan yaan warga AS terkait kata itu, misalnya siapa yang dimaksud ”Tuhan” dalam kata itu? Apa arti frase ”under God” itu sendiri?

Baca juga : Pengalaman Amerika Serikat (1)

Pada akhirnya, Presiden Eisenhower dan Kongres menyetujui penambahan itu dalam bentuk undangundang pada tanggal 14 Juni 1954. Hingga saat ini frase itu sudah diabadikan di dalam sejumlah lagu kebangsaan AS dan dihafalkan kepada murid-murid seklolah.

Kata One Nation Under God mendapatkan pebenaran oleh para tokoh agama dan politisi AS. Mereka menyadari bahwa keajaban AS terjadi atas perkenan Tuhan. Banyak sekali peristiwa yang terjadi di AS sulit dijelaskan secara akal pikiran melainkan sudah menjadi kenyataan. Termasuk deklarasi kemerdekaan AS tidak pernah dibayangkan akan secepat itu dan dampaknya pun juga sangat minim.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.