Dark/Light Mode

Sistem Autogate Kembali Dioperasikan Di Terminal 2

RI Bersolek Layani Turis & Pebisnis Internasional

Senin, 30 Januari 2023 07:30 WIB
Calon penumpang pesawat memindai paspor dan pengenalan wajah di pintu otomatis (autogate) sebelum memasuki area pesawat di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (26/1/2023).(ANTARA FOTO/Fauzan/rwa).
Calon penumpang pesawat memindai paspor dan pengenalan wajah di pintu otomatis (autogate) sebelum memasuki area pesawat di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (26/1/2023).(ANTARA FOTO/Fauzan/rwa).

 Sebelumnya 
Menurut Handy, hal ini ke­inginan dari seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan di bandara. Seperti maskapai, Air­nav, Imigrasi, BC (Bea Cukai), Karantina, KKP (Kantor Keseha­tan Pelabuhan), groundhandling, kepolisian dan sebagainya.

“Karena kami adalah sistem. Bila salah satu down, maka akan mengganggu flow yang ada,” ucap Handy singkat kepada Rakyat Merdeka, kemarin

Sebelumnya, bertepatan dengan hari ulang tahun Imigrasi ke-73, Kantor Imigrasi Bandara Soekarno Hatta meresmikan sistem autogate baru di Terminal 2, Kamis, (26/1).

Sistem ini diresmikan lang­sung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Silmy Karim dan turut hadir Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Baca juga : KAI Kembalikan Biaya Tiket 100 Persen Bagi Penumpang Yang Batalkan Perjalanan

Silmy menjelaskan, autogate baru ini untuk mempercan­tik wajah Indonesia di mata masyarakat luar negeri.

Sehingga masyarakat luar negeri, khususnya investor, tertarik saat berkunjung ke In­donesia. Imbasnya, pemasukan dan ekonomi Indonesia akan meningkat.

Selain itu, dengan sistem autogate baru ini, hanya perlu belasan detik bagi penumpang untuk pencocokan wajah hingga bisa masuk ke dalam terminal keberangkatan.

Mantan bos Krakatau Steel ini optimistis, dengan adanya 10 unit autogate ini, maka lalu lintas pelaku perjalanan inter­nasional akan lebih efektif dan efisien.“Kini kami (Imigrasi) hadirkan kembali mesin auto­gate yang baru di Teminal 2, lebih canggih dan modern. Ada 5 unit di area keberangkatan dan 5 unit di area kedatangan,” kata Silmy.

Baca juga : Southgate Sumringah, Posisinya Di Timnas Inggris Masih Aman

Menurut dia, autogate ini memberikan pengalaman pe­layanan contactless dan dileng­kapi kamera face recognition.

Tak hanya itu, dia juga sempat melihat pengoperasian autogate serta berbincang dengan penumpang, yang sudah menggu­nakan autogate tersebut.

Selain autogate, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi juga meresmikan pengoperasian Unit Pelayanan Percepatan Paspor (UP3).

“UP3 ini berada di lantai 4 area perkantoran gedung parkir Terminal 3 Internasional. Unit dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 - 11.30WIB,” imbuhnya.

Baca juga : Top, Atlet Kembar BIN Juara Tunggal Putri Turnamen Tenis Nasional

Untuk diketahui, pengoperasian autogate ini dilakukan menyusul reaktivasi autogate di Terminal 3 pada pertengahan Januari lalu, yang sempat ter­henti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.