Dark/Light Mode

Gelar Program Demplot, Pupuk Kaltim Genjot Produksi Jagung Pipil Nunukan

Senin, 30 Januari 2023 14:01 WIB
Foto: Dok. Pupuk Kaltim
Foto: Dok. Pupuk Kaltim

RM.id  Rakyat Merdeka - Guna mendorong produktivitas pertanian nasional, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melalui program Demonstration Plot (Demplot), berhasil meningkatkan produktivitas jagung pipil di Desa Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.

Keberhasilan program ini, ditandai panen jagung pipil oleh tim Pupuk Kaltim bersama Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, Jumat (27/1). AVP Penjualan Pupuk Kaltim Wilayah Kaltimtara (Kalimantan Timur dan Utara), Agus Marjuma mengungkapkan, program ini menggandeng Kelompok Tani Setia Kawan Desa Mansapa, di atas lahan seluas 0,5 hektar (Ha), dengan masa tanam 110-115 hari.

Baca juga : Gencarkan Program Keterampilan, Ganjar Dorong Disabilitas Raih Cita-Cita

Menurutnya, peningkatan produktivitas hasil demplot mencapai 6,8 ton per Ha, atau jauh di atas rata-rata nasional sebesar 5,4 ton per Ha.

“Program demplot kali ini pun, menerapkan pola pemupukan berimbang menggunakan produk unggulan Pupuk Kaltim yakni Urea Daun Buah dan NPK Pelangi 16-16-16,” ujarnya, melalui siaran pers, Senin (30/1).

Baca juga : Hakordia 2022, Pupuk Kaltim Ajak Generasi Muda Bontang Cegah Korupsi Sejak Dini

Sejauh ini, program demplot di Kabupaten Nunukan telah dilaksanakan Pupuk Kaltim di dua lokasi, yakni di Kecamatan Nunukan Selatan dan Sebatik.

Selain upaya mendorong peningkatan produktivitas hasil pertanian masyarakat, kata dia, demplot juga bentuk pembuktian keunggulan produk Pupuk Kaltim. Khususnya, pupuk Non Subsidi agar petani yang sebelumnya tergantung dengan pupuk bersubsidi dapat mengetahui perbedaan hasil dan kualitas yang dicapai saat masa panen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.