Dark/Light Mode

Gelar Program Demplot, Pupuk Kaltim Genjot Produksi Jagung Pipil Nunukan

Senin, 30 Januari 2023 14:01 WIB
Foto: Dok. Pupuk Kaltim
Foto: Dok. Pupuk Kaltim

 Sebelumnya 
Selain itu, demplot sebagai kesinambungan upaya Pupuk Kaltim mengedukasi petani untuk mendapatkan hasil yang lebih siginifikan.

"Yaitu, melalui pola pemupukan berimbang menggunakan produk non subsidi hasil produksi perusahaan," terang Agus.

Ia memastikan, pendampingan dilakukan secara berkala, melibatkan Pemda melalui Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) setempat.

"Pendampingan dilaksanakan sejak awal pengolahan dan penyiapan lahan, termasuk pemilihan bibit secara baik dan benar," katanya.

Baca juga : Gencarkan Program Keterampilan, Ganjar Dorong Disabilitas Raih Cita-Cita

Setelah penanaman, sambung dia, pendampingan dilanjutkan dengan pemupukan berimbang serta evaluasi berkala hingga masa panen.

"Selama demplot, petani mendapatkan pendampingan dari tim Pupuk Kaltim bersama PPL. Khususnya, untuk pola pemupukan berimbang disamping pengolahan lahan dan pemilihan bibit," terangnya.

Melihat hasil yang didapatkan, Agus berharap, program ini bisa diterima petani Nunukan untuk diterapkan secara berkesinambungan pada lahan yang lebih luas. Sehingga, produktivitas hasil pertanian jagung pipil sebagai salah satu komoditas andalan Nunukan semakin meningkat.

"Kami harap keberhasilan demplot ini menjadi motivasi bagi petani Nunukan, sehingga peningkatan produktivitas pertanian kedepannya mampu dicapai dengan lebih optimal," tandas Agus.

Baca juga : Hakordia 2022, Pupuk Kaltim Ajak Generasi Muda Bontang Cegah Korupsi Sejak Dini

Ketua Kelompok Tani Setia Kawan Abdul Malik mengakui, pola pemupukan berimbang yang diterapkan pada demplot kali ini sangat efektif dalam mendorong peningkatan produksi jagung pipil. Sebab, didukung kualitas produk non subsidi Pupuk Kaltim yang sangat baik. Bahkan, program ini dapat menjadi wadah bagi para petani di Indonesia agar bisa meningkatkan hasil pertanian secara maksimal.

“Kami berharap, dengan adanya demplot yang dilaksanakan Pupuk Kaltim, potensi pertanian di wilayah Kabupaten Nunukan bisa lebih maju di kemudian hari. Semoga program ini, juga bisa terus dikembangkan kedepannya,” harapnya.

Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid mengatakan panen demplot kali ini menunjukkan hasil sangat memuaskan. Sehingga ke depannya, sinergitas yang terjalin antara Pemkab Nunukan bersama Pupuk Kaltim dan kelompok tani bisa terus dikembangkan pada jenis komoditas lainnya.

Kabupaten Nunukan merupakan salah satu lumbung pangan di Kalimantan Utara. Maka, pertanian menjadi salah satu sektor penting yang menjadi perhatian Pemerintah dalam mendukung pertumbuhan dan perekonomian daerah.

Baca juga : Kemendagri Ceramahi Bupati Meranti Agar Jaga Etika

Pihaknya sangat mengapresiasi peningkatan hasil pertanian melalui demplot Pupuk Kaltim dan berharap potensi pertanian di Nunukan bisa terus ditingkatkan.

"Desa Mansapa dapat menjadi lokasi percontohan bagi petani di wilayah sekitar untuk ke depannya,” ujar Asmin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.