Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ibarat Kendaraan, Polri Sudah Fulltank, Bisa Ngacir Dengan Presisi

Kamis, 9 Februari 2023 17:26 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Pimpinan Polri di Jakarta, Kamis (9/2). (Foto: Facebook)
Menkeu Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Pimpinan Polri di Jakarta, Kamis (9/2). (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memiliki satu kesamaan penting. Sama-sama menjaga masyarakat.

Menurutnya, kerja sama dua institusi ini, tidak terpisahkan dalam menjaga masyarakat.

"Dalam Rapat Pimpinan Polri 2023 pagi ini, saya sampaikan, Polri merupakan institusi yang luar biasa penting bagi sebuah negara, dalam memelihara keamanan dan ketertiban," kata Sri Mulyani via Facebook, Kamis (9/2).

Baca juga : Mardiono Diyakini Bisa Kembalikan Kejayaan PPP

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebut, fungsi penegakan hukum Polri sangat terkait reputasi bangsa, negara, dan perekonomian.

"Negara yang tidak konsisten penegakan hukumnya, tidak akan bisa maju!" tegas Sri Mulyani.

Dia bilang, pandemi menjadi testing ground kebijakan sebuah negara. Bersyukur, Indonesia menjadi negara yang berhasil meng-upgrade kesehatan masyarakat secara cepat.

Baca juga : Tebar Bantuan, PT Titis Sampurna: Cianjur Segera Bangkit Dan Pulih

Sri Mulyani bilang, hal itu antara lain terjadi karena peran aktif Polri, di luar tugas fungsinya. Mempercepat target vaksinasi Presiden Jokowi. "Saya sangat mengapresiasi hal ini," ucapnya.

Kemenkeu dengan instrumen fiskal APBN, serta Polri dengan penegakan hukumnya, turut menjalankan arahan Presiden Jokowi untuk menyeimbangkan gas dan rem selama mengarungi pandemi. 

Rem berfungsi untuk menekan social cost yang besar. Sementara gas untuk mempercepat pulih dan bangkit lebih kuat, tanpa menimbulkan risiko casualties.

Baca juga : Ulama NTB: PKB Kendaraan Politik Nahdliyin Yang Dilahirkan NU

"Jika Polri saya ibaratkan kendaraan, bahan bakarnya sudah diisi fulltank. Bisa tancap gas dan mengemudi dengan presisi. Selamat terus bertransformasi!" tutur Sri Mulyani. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.