Dark/Light Mode

Dukung UMKM Go Digital, KoinWorks Bentuk Departemen Impact And ESG

Sabtu, 11 Februari 2023 18:58 WIB
Layanan KoinWorks untuk UMKM. (Foto: Istimewa)
Layanan KoinWorks untuk UMKM. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - KoinWorks, yang kini telah menjadi neobank untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pertama di Indonesia, membentuk departemen Impact & ESG (Environment, Social, Governance).

Angelique Timmer, seorang ahli impact finance global, ditunjuk untuk memimpin departemen ini untuk memastikan dampak sosial yang diberikan KoinWorks dapat terukur secara keseluruhan. Agar dapat terus memberikan produk dan layanan yang berorientasi pada konsumen, dan membantu UMKM agar memiliki bisnis yang menguntungkan dan berkelanjutan.

Baca juga : Dukung Puan Maju Di Pilpres, Emak-emak Di Ciamis Gelar Pertunjukan Rampak Jaipong

Angelique mengatakan, KoinWorks telah memberikan dampak sosial sejak pertama kali didirikan dengan membuka akses keuangan dan modal usaha kepada UMKM yang belum terlayani oleh lembaga keuangan konvensional (underserved). Serta membantu mereka dalam mentransformasi bisnisnya ke platform digital.

Akan tetapi, masih banyak yang harus dilakukan untuk pertumbuhan UMKM yang inklusif dan berkelanjutan ke depannya. Prioritas utamanya ke depan adalah, menampilkan metrik dampak sosial yang akuntabel.

Baca juga : Bantu UMKM Go Digital, Mayar.id Luncurkan AI MAIA

“Dengan metrik yang tepat, kita tidak hanya dapat melihat bagaimana 65 juta UMKM berkontribusi terhadap perkembangan kelas menengah di Indonesia, melalui angka dan narasi, tetapi kita juga dapat memahami nilai serta kebutuhan mereka secara keseluruhan.” jelasnya di Jakarta, Sabtu (11/2).

Angelique yang memiliki pengalaman selama 20 tahun dalam bidang transformasi bisnis berkelanjutan di Indonesia, India, Peru, Bolivia, dan Belanda ini mengutip data Kementerian Koperasi dan UKM, terdapat 65 juta UMKM di Tanah Air, yang berkontribusi sebesar 61,07 persen terhadap PDB, atau sekitar Rp 8.573 triliun (600 miliar dolar AS).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.