Dark/Light Mode

Dukung UMKM Go Digital, KoinWorks Bentuk Departemen Impact And ESG

Sabtu, 11 Februari 2023 18:58 WIB
Layanan KoinWorks untuk UMKM. (Foto: Istimewa)
Layanan KoinWorks untuk UMKM. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
UMKM juga mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja nasional. Sayangnya, sekitar 46 juta atau 77,6 persen UMKM masih tergolong underserved.

Menurut Angelique, ketika perusahaan fintech, mitra bisnis, dan Pemerintah mengetahui permasalahan tersebut, dapat menjelaskan nilai UMKM dalam metrik dan storytelling, semua pihak dapat berkolaborasi untuk memberikan alternatif terhadap sistem yang ada.

“Sehingga dapat melayani kebutuhan UMKM yang masih kurang terlayani, dan merangkul mereka ke dalam ekosistem keuangan. Di dunia pasca-COVID-19 ini, harus dipahami bahwa inklusi keuangan adalah strategi yang penting bagi semua,” ujarnya.

Baca juga : Dukung Puan Maju Di Pilpres, Emak-emak Di Ciamis Gelar Pertunjukan Rampak Jaipong

Dengan adanya departemen Impact & ESG di KoinWorks ini, Angelique mengatakan, selain menyusun impact metrics yang dapat dipertanggungjawabkan. Pihaknya juga bertujuan untuk memberikan solusi keuangan dan non-keuangan digital, seperti program-program edukasi untuk menjawab kebutuhan UMKM Indonesia, dan menciptakan komunitas UMKM yang terus berkembang.

CEO dan Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono menuturkan, pihaknya berupaya memberikan dampak sosial berkelanjutan adalah inti dari DNA KoinWorks.

Di bawah kepemimpinan Angelique dalam Impact & ESG, kami akan terus mengembangkan inovasi untuk membantu UMKM beradaptasi dan tumbuh di tengah lanskap bisnis yang berkembang.

Baca juga : Bantu UMKM Go Digital, Mayar.id Luncurkan AI MAIA

“Pemahaman Angelique akan pentingnya perubahan pola pikir dalam mendorong inklusi keuangan untuk segmen underserved akan semakin mendukung kami dalam memberdayakan dan menyediakan apa yang benar-benar dibutuhkan pelaku UMKM,” katanya.

Sejak didirikan pada tahun 2016, KoinWorks telah mendukung sekitar 850 ribu UMKM dalam mendapatkan akses pendanaan. Di mana 25 persen dari UMKM ini mendapat pendanaan pertama mereka dari KoinWorks.

Selain itu, KoinWorks juga berhasil menggandakan jumlah UMKM yang dipimpin perempuan (female-led businesses) yang mereka dukung.

Baca juga : Maksimalkan Penjualan Dengan Katalog

Kehadiran departemen Impact & ESG tentunya dapat semakin meningkatkan pertumbuhan ini dan memperkuat komitmen KoinWorks dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) PBB pada 2030. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.