Dark/Light Mode

William Tanu: Bermimpilah Dengan Mata Terbuka…

Senin, 13 Februari 2023 06:34 WIB
Komisaris GoTo, William Tanuwijaya,
Komisaris GoTo, William Tanuwijaya,

RM.id  Rakyat Merdeka - Pesan dan motivasi yang sangat inspiratif juga disampaikan William Tanuwijaya, Komisaris GoTo.

Dia mengirimkan video singkatnya dalam acara LeaderTalk, kemarin. Yaitu tentang keberanian anak muda mewujudkan mimpi. Caranya, bermimpilah dengan mata terbuka. 

Apa maksudnya? Co-Chairman PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Goto ini memberikan motivasi dan berbagi pengalaman kepada mahasiswa yang hadir di NECSC.

 Mantan CEO Tokopedia ini menceritakan pegangan hidupnya, yaitu “Mimpi dengan Mata Terbuka” menjadi salah satu pegangan hidupnya ketika membesarkan Tokopedia. 

Baca juga : Aplikasi Desanesha Jembatani Kepala Desa Dengan Pakar

“Mari kita bermimpi dengan mata terbuka, karena dengan begitu, anak cucu kita bisa kembali menikmati langit yang biru, udara yang bersih. Karena itu adalah hak mereka. Jika bukan sekarang kapan lagi. Jika bukan kata siapa lagi,” kata William. 

Ia juga mengaku, terinspirasi dengan ucapan Bung Karno, “Bermimpilah setinggi langit, karena kalau kita jatuh, akan berada di antara bintang-bintang,” ajaknya. 

Menurut William, mimpi dengan mata terbuka dimaknai dengan ketika apa yang dipikirkan seseorang, diucapkan dan dilakukan memang harus benar-benar konsisten. 

“Kalau kita bermimpi dengan mata tertutup, setiap hari, kita mimpi. Kita bangun kita sudah lupa mimpi apa saja. Sementara kalau kita sudah pikirkan saja, dari mimpi berubah menjadi rencana dan rencana kita ucapkan akan berubah lagi menjadi komitmen,” jelas pria kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara ini. 

Baca juga : Sedihnya, Korban Gempa Suriah Kesulitan Dapat Bantuan

Sementara, Head of Sustainable GoTo, Tanah Sullivan berkomitmen untuk ikut mendukung ekonomi hijau melalui strategi pengurangan emisi dan penyeimbangan karbon. Komitmen pertama adalah mengubah 650 armada pengemudi GoJek menjadi kendaraan listrik (EV) pada 2030 melalui sinergi dengan berbagai pihak. 

“Dalam ekosistem kami, itu lumayan kompleks. Ada hampir tiga juta mitra pengemudi. Kita akan mentransisi semua kendaraan dalam ekosistem GoTo ke kendaraan listrik. Ini salah satu komitmennya,” kata Tanah. 

Komitmen kedua dengan mentransisi seluruh operasional GoTo untuk mendukung ekonomi hijau. GoTo juga akan membantu semua merchant dan driver dalam ekosistemnya agar mereka bisa melewati proses transisi ini dengan baik. 

“Ini tanggung jawabnya di kita, bukan di mereka. Karena target, goal dan komitmen ini adalah komitmen GoTo, bukan komitmen mereka. Jadi kita harus bantu mencari solusi yang cost effective, berarti beban biayanya tidak jatuh ke mereka juga,” jelasnya. 

Baca juga : Sebaiknya Gelar Debat Terbuka

Komitmen berikutnya adalah nol sampah. Tujuan perusahaan adalah untuk mengurangi dan pada akhirnya menghilangkan polusi terhadap lingkungan, termasuk mengalihkan sebanyak mungkin sampah dari tempat pembuangan akhir. 

“Dari sisi Tokopedia, ada hampir 1 juta paket yang keluar dari gudang-gudang Tokopedia dan merchant, itu setiap hari. Jadi itu banyak banget packaging-nya. Tetapi sebenarnya agak sulit buat menghitung ini jadi sampah atau tidak. Tetapi kita harus coba take action,” kata lulusan University of Melbourne Australia ini. 

Salah satu langkahnya adalah melalui gerakan Tokopedia Hijau sebagai upaya dalam menciptakan ekosistem bisnis yang berkelanjutan. 

“Jadi semua seller yang sudah mulai transisi ke zero waste, itu mereka masuk di situ. Sekarang ini semua paket yang keluar dari gudang Tokopedia, itu 650 recycle. Jadi itu sudah mulai dan sekarang kita juga mendorong biar merchant kita juga bisa aware dan take action sendiri,” imbuhnya.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.