Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ini 5 Tips Berbisnis Dengan Modal Minim

Kamis, 12 Januari 2023 20:52 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu platform jual beli Tokopedia mencatat ada sekitar 12 juta penjual yang tergabung. Hampir 100 persen merupakan pegiat usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang berasal dari berbagai latar belakangan dan daerah.

Growth Marketing Senior Lead Tokopedia, Maisyalina Agustiana membagikan tips bagi yang ingin memulai bisnisnya dengan modal kecil.

"Yang pertama pastikan ada peminat, cari tahu produk terlaris di Tokopedia," ungkap Maisyalina dalam keterangannya, Rabu (11/1).

Hal itu, menurutnys bisa menggunakan fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris di Tokopedia dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori.

Baca juga : Pagi Ini, Rupiah Turun Di Tengah Penguatan Dolar AS

"Pelajari juga tren produk terlaris. Di Tokopedia sendiri, Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik dan Fesyen menjadi kategori terlaris di 2022,” ujar Maisyalina.

Yang kedua pelajari profil calon pembeli. Usai menentukan produk yang akan dijual dan memahami mengenai kondisi pasar, tentukan siapa saja konsumen sasaran dari produk tersebut.

"Dengan menentukan target pasar, calon pelaku usaha dapat lebih mudah menentukan strategi pemasaran," ujarnya.

Yang ketiga membuat konten menarik di media sosial sebagai ajang promosi. Sinergi pemanfaatan media sosial yang tepat dapat membantu meningkatkan awareness toko dan produk di e-commerce.

Baca juga : Tugas Berat Di Depan Mata

“Buatlah live video streaming juga lewat Tokopedia PLAY untuk membangun interaksi dengan calon pembeli. Pertimbangkan live streaming saat peluncuran produk baru, pemberian tutorial penggunaan produk, hingga mengadakan kuis atau giveaway,” tambah Maisyalina.

Yang keempat, pertimbangkan bangun tim untuk menunjang bisnis. Bagi UMKM dengan usaha rumahan modal kecil, jangan ragu untuk meminta bantuan dari keluarga atau rekan terdekat.

“Para pelaku usaha bisa menggunakan fitur Admin Toko di aplikasi Tokopedia Seller yang dapat membantu mengelola toko dengan aman lewat berbagai pilihan peran yang bisa diberikan ke admin toko,” jelas Maisyalina.

Dan yang kelima, lakukan performance marketing sesuai kebutuhan. Performance marketing, salah satu contoh strategi pemasaran online, di mana penjual dapat mengeluarkan anggaran untuk mencapai suatu tujuan, misalnya menarik lebih banyak calon pembeli.

Baca juga : Soal Surplus Beras, Mendag & Mentan Beda Data

“Contohnya, pegiat usaha bisa menggunakan fitur beriklan otomatis TopAds agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia. Cukup dengan modal kecil, yaitu mulai dari Rp 250 per klik, penjual bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan,” pungkas Maisyalina.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.