Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BI Masih Godok Usulan Bunga Kredit 0 Persen

Waspada, Ekonomi Dunia Belum Ramah

Senin, 20 Februari 2023 07:30 WIB
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo berjalan saat akan menyampaikan keterangan pers di Kantor Pusat BI, Jakarta, Kamis (19/1/2023). (Foto: Antara).
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo berjalan saat akan menyampaikan keterangan pers di Kantor Pusat BI, Jakarta, Kamis (19/1/2023). (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) memastikan mendukung pengembangan usaha kecil. Meski begitu, bank sentral memberikan sinyal tidak mau terburu-buru merealisasikan usulan pemberian bunga nol persen untuk pengusaha ultra mikro. Sebab, kebijakan itu harus dibahas dulu dengan matang bersama Pemerintah.

Usulan pemberian bunga pinjaman nol persen bagi pengusaha ultra mikro disampai­kan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Menurut Gubernur Bank Indo­nesia (BI) Perry Warjiyo, hingga kini, BI dan Pemerintah masih membahas sinergitas dalam mendorong unit mikro untuk terus berkembang.

“Sedang dibicarakan dengan Menteri BUMNErick Thohir bagaimana model bisnis dan tujuannya Pemerintah. Kami mendukung penuh,” ujar Perry dalam acara pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI Februari 2023 secara virtual, Kamis (16/2).

Baca juga : Erick: Perbaikan Ekonomi Nasional Tak Boleh Putus Di Tengah Jalan

Ia menekankan, saat ini, be­lum dapat diungkapkan secara detail terkait pembahasan antara BI dan Pemerintah. Namun Perry memastikan, jika model bisnis dan mekanismenya sudah ditemukan dengan tepat, akan segera disampaikan kepada masyarakat.

Perry mengajak, semua pihak agar bersama-sama menumbuh­kan optimisme bahwa ekonomi Indonesia tetap bisa bangkit di tengah ketidakpastian global.

“Namun, tetap waspada bah­wa ekonomi global masih belum ramah. Tensi politik global juga masih belum menurun,” ung­kapnya.

Baca juga : Populasi Susut, Prospek Ekonomi China Suram

Saat Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR pada Senin (13/2), Menteri Erick mengata­kan, usulan bunga pinjaman nol persen bagi pelaku usaha mikro di Indonesia sangat penting un­tuk diwujudkan.

“Upaya untuk penurunan bunga pinjaman bagi pelaku usaha ultra mikro, kami mengusulkan yang ekstrem, yakni bunga nol persen,” ucapnya.

Menurut pandangan Ketua Umum PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) terpilih tersebut, hal ini sudah mendapat­kan dukungan langsung dari Pe­merintah. Khususnya Presiden Joko Widodo (Jokowi), karena sudah ada rapat terbatasnya. “Usulan terkait bunga pinjaman nol persen ini juga sudah disam­paikan kepada Gubernur BI,” katanya.

Baca juga : UMKM Banyuwangi Andalkan Menparekraf Sandi Untuk Pemulihan Ekonomi Daerah

Erick menegaskan, setelah pembahasan ini, ke depan ting­gal bagaimana BUMNatau Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan lembaga terkait, bisa menyiapkan programnya. Serta mendorong bunga nol persen tersebut menjadi ke­nyataan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.