Dark/Light Mode

Manfaatkan F1 Powerboat Lake Toba, Pemda Sumut Bisa Promosikan Hasil Alam

Sabtu, 25 Februari 2023 19:41 WIB
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Usman Kansong, di Balige, Sumatera Utara. (Foto: Ist)
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Usman Kansong, di Balige, Sumatera Utara. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Usman Kansong memastikan ajang balapan internasional F1 Powerboat Lake Toba 2023 menjadi katalis yang mendorong perekonomian.

Khususnya, sektor pariwisata di Danau Toba dan Sumatera Utara (Sumut), serta Indonesia secara keseluruhan.

Ditargetkan pada 2023, ada sekitar 1,3 juta perjalanan menuju Danau Toba dengan prediksi perputaran uang sebesar Rp 300 miliar.

"Ini efeknya akan bertahan hingga setahun ke depan. Karena itu kita juga libatkan pelaku UMKM di sekitar Kota Balige. Event ini akan disiarkan ke berbagai penjuru dunia, tentu akan mengangkat Toba dan Indonesia,” ujar Usman di Kota Balige, Sabtu (25/2).

Baca juga : Sebarkan Informasi F1 Powerboat, Kominfo Sediakan 2 Media Center

Pada kesempatan tersebut, Usman juga turut memperkenalkan potensi lain yang dimiliki Sumut. Yaitu, Kopi Sidikalang yang bisa dikerek naik lebih mendunia.

Daerah Sidikalang, Sumut adalah penghasil biji kopi robusta yang dianggap terbaik. Berada di kawasan Bukit Barisan, dengan kombinasi kawasan yang sejuk dan dingin serta tanah yang subur, menjadikan kopi daerah tersebut sebagai salah satu kopi terbaik di Tanah Air.

"Kopi Sidikalang ini sering saya nikmati. Kopi ini bisa menjadi andalan untuk dipasarkan, tidak hanya di daerah Sumut, tapi bisa keluar bahkan menjadi komoditas ekspor andalan. Di festival-festival kopi nusantara, Kopi Sidikalang jadi salah satu buruan penikmat kopi," beber Usman.

Untuk itu, Usman berharap Pemerintah Daerah setempat bisa mengembangkan dan membudidayakan lebih baik lagi.

Baca juga : Jelang F1 Powerboat 2023, Hotel Di Kabupaten Toba Penuh

"Imbasnya, bukan hanya akan mengangkat kopi ini menjadi komoditas level dunia, namun yang lebih penting lagi bisa mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat," tuturnya.

Promosinya bisa memanfaatkan ajang F1 Powerboat Lake Toba 2023. Beberapa pembalap, diungkapkannya, telah merasakan nikmatnya Kopi Sidikalang.

"Upaya ini tidak berhenti saat event saja, tapi bagaimana pemerintah daerah akan memanfaatkan event-event lain bertaraf internasional untuk memperkenalkan potensi daerah," ungkap Usman.

"Promosi itu tidak boleh berhenti. Meskipun penjualan atau apapun sudah bagus, tetap harus berjalan. Dan ini jadi tanggung jawab pemerintah daerah masing-masing," lanjutnya.

Baca juga : Menag Minta Perbanyak Petugas Dan Pembimbing Haji Wanita

Upaya ini semakin baik karena sejumlah pembangunan di daerah Toba telah diselesaikan.

Seperti, penataan Kampung Ulos Huta Raja dan Huta Siallagan di Kabupaten Samosir, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sidikalang Kabupaten Dairi, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Parapat Kabupaten Simalungun, dan pembangunan toilet KSPN Danau Toba.

Sebagai tuan rumah ajang balap F1 Powerboat, kata Usman, akan menjadi kesempatan yang sangat baik bagi Sumut untuk meningkatkan citra dan daya tarik pariwisata Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas di dunia internasional.

"Semoga event internasional seperti F1 Powerboat, menjadi momen kebangkitan ekonomi melalui sektor pariwisata di daerah sekitar Danau Toba," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.