Dark/Light Mode

Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Model Bisnis Kopi Skema Program Makmur Bakal Diterapkan Di 5 Wilayah

Sabtu, 25 Februari 2023 22:40 WIB
Bisnis kopi yang digalakan Pepgram Makmur BUMN. (Foto: Istimewa)
Bisnis kopi yang digalakan Pepgram Makmur BUMN. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui inisiatif Project Management Officer atau PMO (Kopi Nusantara) berkomitmen meningkatkan kapasitas petani kopi di Indonesia, untuk mendorong kualitas hasil produksi.

Hal ini dilakukan dengan replikasi model bisnis kopi dengan skema program Makmur di lima wilayah. Lima wilayah tersebut mencakup Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Bagian Selatan, dan Sumatera Bagian Utara.

Baca juga : Melalui Program BUMN, Erick Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga Pekerja Di Banyuwangi

Dengan meningkatkan luas lahan, diharapkan replikasi model bisnis yang salah satu tujuannya adalah meningkatkan produktivitas lahan dapat dilakukan secara masif di lokasi lainnya.

Direktur Pemasaran Holding Perkebunan Nusantara Dwi Sutoro yang ditunjuk Menteri BUMN Erick Thohir menjadi nahkoda inisiatif PMO Kopi Nusantara mengatakan, peningkatan produktivitas akan dilakukan dari tiga sisi, yaitu kenaikan kuantitas, penguatan kualitas, dan pengembangan adaptasi petani terhadap iklim.

Baca juga : Tingkatkan Kualitas Kesehatan Dan Pendidikan Di Papua Lewat Program Kitorang Melihat Terang Di Ufuk Timur

Diharapkan dengan perluasan akses terhadap agro-input, pembiayaan, pendampingan, dan pemasaran, target peningkatan produktivitas ini dapat dicapai.

"Kalau kita melihat produktivitas kopi rakyat di Indonesia yang belum bisa bersaing dengan negara tetangga, bisa jadi adalah dampak dari budidaya kopi yang belum menjadi komoditas utama bagi petani," jelas Dwi dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu (25/2).

Baca juga : Ganjar Pranowo Bakal Optimalkan Bandara Blora

Menurut dia, inisiatif yang dilakukan saat ini salah satunya untuk mendorong agar petani bisa fokus membudidayakan kopi, sebagai mata pencaharian yang bisa meningkatkan taraf hidup keluarganya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.