Dark/Light Mode

Tingkatkan Kepesertaan, BPJamsostek Gandeng Polres Jaksel

Jumat, 10 Maret 2023 21:24 WIB
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) se-wilayah Jakarta Selatan menggelar audiensi dengan jajaran Polres Metro Jakarta Selatan (Jaksel), Kamis (9/3). (Foto: Istimewa)
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) se-wilayah Jakarta Selatan menggelar audiensi dengan jajaran Polres Metro Jakarta Selatan (Jaksel), Kamis (9/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) se-wilayah Jakarta Selatan menggelar audiensi dengan jajaran Polres Metro Jakarta Selatan (Jaksel). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan program BPJamsostek bagi pemberi kerja atau badan usaha.

Kegiatan ini juga sekaligus upaya percepatan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja khususnya pekerja yang berada di wilayah DKI Jakarta.

Audiensi dihadiri Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes. Pol. Ade Ary Syam Indradi, Wakapolres AKBP Harun, Kapolsek Mampang Prapatan Kompol. Mashuri, Kasat Reskrim Kompol Irwandi, Kasi Kedokteran Kesehatan Polres Metro Jaksel Dewi, Kasi Pengawasan Polres Metro Jaksel Sri Muminin, anggota Kepolisian Polsek Mampang Prapatan, dan anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Kuningan Barat.

Sementara dari BPJamsostek dihadiri Kepala Kantor Cabang Jakarta Menara Jamsostek Mohamad Irfan, Kepala Kantor Cabang Jakarta Cilandak M Izaddin, Kepala Kantor Cabang Jakarta Kebayoran Baru Husaini.

Baca juga : Tingkatkan Kualitas, Pemerintah Bidik Pasar Ekspor Industri Furnitur Makin Luas

Hadir pula Kepala Kantor Cabang Jakarta Mampang Ivan Sahat H Pandjaitan, Kepala Kantor Cabang Jakarta Sudirman Suhuri dan seluruh Petugas Pemeriksa Cabang se- wilayah Jaksel.

Dalam sambutannya, Mohamad Irfan selaku koordinator wilayah dari BPJamsostek menjelaskan, bahwa audiensi merupakan tindak lanjut dari kolaborasi dan sosialisasi program jaminan sosial ketenagakerjaan yang dilakukan oleh BPJamsostek Kantor Wilayah DKI Jakarta dengan Direktorat Binmas Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu.

Menurut Irfan, sosialisasi yang diberikan kepada ratusan Bhabinkamtibmas tersebut dalam rangka mendukung program Pemerintah yang diamanahkan kepada BPJamsostek untuk memberikan perlindungan jaminan sosial kepada pekerja Indonesia hingga ke desa atau kelurahan.

"Audiensi yang dilakukan bersama jajaran Polres Metro Jaksel tersebut untuk menyampaikan berbagai hal terkait kebijakan-kebijakan yang sudah dibangun oleh manajemen pusat dengan pihak kepolisian," katanya, Jumat (10/3).

Baca juga : Peningkatan Kapasitas SDM, Mak Ganjar Gelar Latihan Bagi Pengrajin Batik

Kapolres Metro Jaksel Kombes. Pol. Ade Ary Syam Indradi mendukung 100 persen kolaborasi antara Polres Metro Jaksel dengan BPJamsostek.

"Karena hal ini juga merupakan bagian dari tugas pokok kepolisian. Dari berbagai teori kriminologi yang kami pelajari antara lain penyebab terjadinya kejahatan adalah karena faktor ekonomi," ujarnya.

Menurutnya, Polri tidak hanya berhenti di penegakkan hukum, pemeliharaan kamtibmas, perlindungan pengayoman pelayanan pada masyarakat akan tetapi masyarakat juga harus sejahtera.

"Jadi kita sama satu tujuan, satu visi, Indonesia maju, Jaksel maju aman sejahtera," katanya.

Baca juga : Genjot Bisnis Digital, Bank DKI Gandeng Perusahaan Korea

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, berdasarkan data BPJamsostek sekitar 471 ribu lebih masyarakat belum terjamin oleh program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Kita bersepakat targetnya 100 persen harus tercapai, 471 ribu sekian dari masyarakat yang beraktifitas wajib terlindungi. Seluruh masyarakat yang beraktifitas di Jaksel wajib terlindungi oleh program BPJamsostek," tegasnya.

Dirinya menilia, bahwa program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ini merupakan bentuk hadirnya negara dalam memberikan pengayoman kepada seluruh masyarakat. 

"Seperti halnya Polri yang juga memberikan pengayoman kepada masyarakat, program perlindungan yang diberikan oleh BPJamsostek wajib kita sosialisasikan kepada masyarakat. Karena hal tersebut juga merupakan salah satu bentuk pengayoman khususnya para pekerja," ucapnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.