Dark/Light Mode

Dukung Eco-Education dan Eco-Tourism

IKPP Tangerang Gandeng Pelajar SWA, Eka Hospital, dan PWI Tangerang Tanam Mangrove

Jumat, 17 Maret 2023 13:32 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Unit usaha APP Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) Tangerang, bersama dengan para pelajar Sinarmas World Academy dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) melakukan penanaman mangrove di Ketapang-Urban Aquaculture, Mauk, Kabupaten Tangerang.

Acara ini merupakan bagian dari program kolaborasi restorasi mangrove melalui eco-education dan eco-tourism dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Head of Sustainability PT IKPP Tangerang, Kholisul Fatikhin mengungkapkan, program kolaborasi restorasi mangrove ini merupakan upaya untuk terus mendukung pembangunan berkelanjutan melalui kegiatan-kegiatan lingkungan yang dapat berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

"Serta dapat mengajak lebih banyak lagi elemen-elemen masyarakat, tidak hanya menanam namun juga dapat meningkatkan kepedulian lingkungannya dengan datang ke lokasi ini," ungkapnya dalam siaran pers yang diterima Jumat (17/3).

Baca juga : Perhutani GandengĀ ID Food Budidaya Tanaman Tebu

Dalam sambutannya Kholisul juga menambahkan, kegiatan ini sekaligus untuk mendukung upaya pemerintah merehabilitasi mangrove dalam rangka penurunan emisi karbon melalui Folu Net Sink 2030.

"Selain merehabilitasi habitat laut, mangrove juga memiliki potensi besar dalam penyerapan karbon," tutur Kholisul.

Sekretaris Camat Mauk Saepul Anwar juga memberikan dukungannya terhadap acara ini.

"Kami menyambut baik dukungan yang diberikan PT IKPP Tangerang dan semua pihak yang terlibat dalam acara penanaman mangrove ini. Ini adalah langkah kecil yang dapat memberikan dampak besar bagi lingkungan sekitar," ujarnya.

Baca juga : Gotong Royong Tekan Emisi, Indonesia Power Gandeng Kolinlamil Tanam Mangrove

Sementara Sinarmas World Academy (SWA) menyatakan, selalu mendukung kegiatan-kegiatan alam seperti ini. Keterlibatan siswa, merupakan salah satu komitmen SWA dalam mendidik generasi penerus untuk mulai menanamkan rasa peduli terhadap lingkungan.

Salah satu murid SWA, Qiara yang terlibat dalam acara tersebut, mengaku senang berpartisipasi dalam acara ini.

"Selain dapat belajar lebih banyak tentang lingkungan, saya juga dapat memberikan kontribusi kecil saya untuk melindungi lingkungan melalui penanaman mangrove ini," kisahnya.

Ketua PWI Tangerang Selatan Ahmad Eko N juga menyambut positif acara ini.

Baca juga : Pemkot Tangerang Gelar Sosialisasi Perubahan Perwal Pajak Reklame

"Kami mengapresiasi upaya PT IKPP Tangerang dalam program restorasi mangrove ini. Kami berharap acara seperti ini dapat terus dilakukan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar," tutur Eko.

PT IKPP Tangerang sendiri telah menjadi pelopor penanaman mangrove di lokasi Ketapang-Urban Aquaculture dengan total 175 ribu bibit telah ditanam di lokasi tersebut sejak tahun 2018.

Adanya program restorasi mangrove diharapkan dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Penanaman pohon mangrove dinilai sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem pesisir dan sebagai benteng alami dalam melindungi pantai dari erosi akibat gelombang laut yang tinggi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.